Chappy Hakim
KSAU 2002-2005

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

SU-35 Varian Sukhoi Pesaing F-35 Joint Strike Fighter

Kompas.com - 04/01/2022, 07:49 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PERKEMBANGAN paling mutakhir belakangan ini untuk pesawat terbang tempur ramai dibicarakan orang Pesawat F-35 Joint Strike Fighter.

Pesawat terbang F-35 dirancang sebagai produk generasi 5 Fighter Aircraft yang diarahkan dapat menggantikan sekaligus beberapa pesawat fighter yang dipandang sudah akan ketinggalan jaman.

F-35 disebut sebut sebagai pesawat fighter super canggih yang nantinya akan menggantikan peran banyak pesawat fighter, antara lain F-16, F-15 , F-18, A-10 dan F-117.

Proyek ambisius dari disain pesawat tempur multi peran yang diarahkan untuk menjadi standar pesawat fighter negara-negara NATO dan sekutu terdekat Amerika Serikat.

F-35 produk pesawat high-tech yang masuk dalam generasi 5 pesawat tempur modern yang tentu saja harganya sangat amat mahal.

F-35 juga masih dalam proses pengembangan penyempurnaan sebagai pesawat fighter multi peran.

Sejauh ini belum ada negara selain anggota NATO dan sekutu dekat Amerika yang menggunakannya.

Sudah sejak perang dingin antara tahun 1947 hingga tahun 1991, persaingan senjata berlangsung antara blok barat versus blok timur.

Ketika itu dapat dikatakan apa saja yang dibuat oleh Amerika, dibuat pula tandingannya oleh Uni Sovyet.

Bagaimana sekarang setelah lebih dari 20 tahun Uni Sovyet bubar. Ternyata persaingan masih juga berlanjut antara produk Amerika berhadapan dengan produk Rusia.

Nah, bagaimana dengan F-35 Amerika Serikat, pesawat apa yang dapat dianggap pesaing utama dari produk Rusia?

Banyak bahasan dan kajian yang berhubungan dengan banyak pihak yang mengkritisi “mahalnya“ proyek F-35 dan juga ambisiusnya proyek pesawat fighter multi guna ini.

Walaupun pesawat F-35 sudah operasional sifatnya, akan tetapi proses pengembangan menuju penyempurnaan pesawat fighter yang paripurna ini masih atau tengah berlangsung.

Masih banyak ditemukan “kesalahan” teknis yang memerlukan perbaikan pada rancang bangun F-35 sebagai pesawat yang diarahkan mampu berperan dalam berbagai misi.

Foto yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia, memperlihatkan sepasang jet tempur Su-35 terbang di langit Rusia, Minggu (28/11/2021). Ukraina dan para pejabat negara Barat khawatir pengerahan pasukan Rusia ke perbatasan dekat Ukraina adalah rencana invasi ke negara tetangga bekas Uni Soviet tersebut.KEMENTERIAN PERTAHANAN RUSIA via AP Foto yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia, memperlihatkan sepasang jet tempur Su-35 terbang di langit Rusia, Minggu (28/11/2021). Ukraina dan para pejabat negara Barat khawatir pengerahan pasukan Rusia ke perbatasan dekat Ukraina adalah rencana invasi ke negara tetangga bekas Uni Soviet tersebut.

Dalam proses kajian tentang keunggulan F-35, maka banyak yang melihat bahwa, untuk sementara waktu, pesaing utama F-35 produk Rusia adalah Sukhoi SU-35.

Agak berbeda dengan F-35 yang merupakan produk sama sekali baru, maka SU-35 adalah “hanya” varian dari pengembangan pesawat SU-27 .

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.