Kompas.com - 29/12/2021, 06:27 WIB

KOMPAS.com - Kopi Kenangan, sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang makanan dan minuman (F&B) asal Indonesia resmi berstatus unicorn.

Status itu diperoleh setelah Kopi Kenangan mendapat suntikan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai Rp 1,3 triliun dari Tybourne Capital Management dan diikuti sejumlah investor seri sebelumnya.

Pendanaan tersebut membuat valuasi perusahaan menembus 1 miliar dollar AS.

Dengan status ini, Kopi Kenangan menambah daftar deretan startup yang menyandang status unicorn di Indonesia.

Selain Kopi Kenangan, berikut daftar unicorn di Indonesia:

1. Gojek

Ilustrasi driver Gojek dengan helm dan jaket berlogo baru  Gojek Ilustrasi driver Gojek dengan helm dan jaket berlogo baru
Perusahaan yang dirintis oleh Nadiem Makariem pada 2010 ini menjadi perusahaan startup pertama yang menyandang gelar unicorn.

Status unicorn didapat setelah Gojek menerima kucuran dana sekitar 550 juta dollar AS (Rp 7,2 triliun) dari sejumlah investor pada Agustus 2016 lalu, seperti Formation Group, Sequoia Capital India, hingga Warburg Pincus.

Kini, Gojek sudah menjadi "Decacorn", sebutan bagi startup yang memiliki nilai valuasi di atas 10 miliar dollar AS.

Baca juga: Satu Kasus Omicron Transmisi Lokal, Bagaimana Transmisi Lokal Covid-19 Terjadi?

2. Tokopedia

TokopediaDok. Tokopedia Tokopedia
Tokopedia merupakan perusahaan yang fokus di bidang e-commerce online-to-offline (O2O) dan menjadi startup unicorn kedua asal Indonesia setelah Gojek.

Perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009 ini berstatus Unicorn setelah mendapatkan pendanaan dari Alibaba Group sebesar 1,1 miliar AS pada tahun 2017.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.