"Data Mantan Menteri Saja Jadi Bungkus Gorengan, Apa Kabar Data Rakyat Biasa?"

Kompas.com - 28/12/2021, 19:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbincangan soal perlindungan data pribadi kembali mencuat setelah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, melalui akun Twitter-nya, @susipudjiastuti, mengungkapkan dokumen kependudukannya "berakhir" menjadi bungkus gorengan.

Susi menyertakan foto dokumen yang jadi bungkus gorengan itu. Dalam dokumen itu, tertera nomor induk kependudukan (NIK) dan alamatnya.

Dokumen merupakan permohonan pembuatan KTP yang diajukan ke Kantor Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada 2014.

Baca juga: Dokumen Kependudukan Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan dan Perlindungan Data Kita...

Susi pun mempertanyakan mengapa hal ini bisa terjadi.

Di kolom komentar, warganet menyampaikan keprihatinan dan mempertanyakan tentang perlindungan data mereka.

"Data mantan Menteri aja bisa jadi bungkus gorengan lho, apa kabar data rakyat biasa," demikian komentar salah satu akun. 

Komentar juga disampaikan oleh banyak akun lainnya.

"Di kantor kecamatan ga punya alat penghacur kertas, ape namenya? Sleder yeh?" tulis salah satu warganet.

"Pernah nemuin fc KK jadi bungkus gorengan. Terus laporlah ke dukcapil kota tsb. Eh malah dinasehatin supaya jangan menyebar berita yg enggak-enggak dan suruh balikin fc KK ke orangnya. Dah tau itu jadi bungkus gorengan, bukannya mereka bebenah diri malah gamau disalahin. Aneh," kata salah satu akun lain.

Tanggapan Dirjen Dukcapil

Menanggapi soal ini, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arief Fakrulloh mengatakan, dokumen kependudukan Susi memang dikeluarkan oleh Dinas Dukcapil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.