Kompas.com - 28/12/2021, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan adanya satu kasus Covid-19 varian Omicron melalui transmisi lokal.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers daring, Selasa (28/12/2021).

"Kami sampaikan adanya satu kasus transmisi lokal Omicron di Indonesia sehingga hingga hari Selasa 28 Desember terdapat 47 kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia, di mana 46 kasus adalah kasus impor dan satu kasus transmisi lokal," kata Nadia.

Nadia mengatakan, pasien tersebut merupakan seoarang laki-laki berusia 37 tahun dan tidak memiliki riwatat perjalanan atau kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

Bagaimana proses transmisi suatu virus?

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyebutkan, pendefinisian penyebaran virus memiliki tiga bentuk yaitu kasus impor, kasus lokal, dan transmisi komunitas.

Kasus impor

Kasus impor merupakan kasus yang berasal dari luar negeri.

"Seringkali kasus seperti ini teridentifikasi ketika yang bersangkutan ada di hotel karantina, di pintu masuk negara," kata Dicky kepada Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Kemenkes Umumkan 1 Kasus Omicron di Indonesia Transmisi Lokal

Transmisi lokal/kasus lokal

Pola penyebaran kedua adalah kasus lokal, yaitu kasus yang ditemukan dalam satu negara dengan sumber penularan yang jelas, bahkan bisa diprediksi.

Misalnya, seseorang yang terinfeksi Omicron, kemudian ditemukan bahwa virus itu berasal dari satu event, setelah dilakukan contact tracing.

"Sangat jelas. Jadi kasus lokal itu adalah kategori terinfeksi di komunitas, tapi bisa diketahui sumbernya. Dia biasanya sebelumnya ada kontak erat dengan orang yang positif Covid-19," kata Dicky.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.