Kompas.com - 28/12/2021, 14:30 WIB
SIAP DIRESMIKAN—Inilah Bendungan Pidekso yang berada di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah yang akan diresmikian Presiden Joko Widodo besok sore.   KOMPAS.COM/Dokumemtasi PPSIAP DIRESMIKAN—Inilah Bendungan Pidekso yang berada di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah yang akan diresmikian Presiden Joko Widodo besok sore.  

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Pidekso yang ada di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa (28/12/2021).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyebutkan, persiapan peresmian Bendungan Pidekso telah dilakukan melalui koordinasi lintas instansi.

Seperti apa Bendungan Pidekso? 

Baca juga: Selasa Ini, Jokowi Akan Resmikan Bendungan Ladongi dan Pidekso

Profil Bendungan Pidekso

Bendungan Pidekso merupakan bendungan yang berada di hulu Sungai Bengawan Solo.

Dikutip dari laman Kementerian PUPR, Bendungan Pidekso merupakan bendungan multifungsi yang dibangun untuk menampung kapasitas air sebanyak 25 juta meter kubik.

Bendungan ini diproyeksikan mampu mengairi area irigasi seluas 1.500 hektar.

Mengutip laman KemenkoMarves, Bendungan Pidekso memiliki luas genangan maksimum 232 hektar, dengan tinggi bendungan 40 meter, dan panjang bendungan utama 387 meter.

Bendungan Pidekso dibangun oleh BBWS Bengawan Solo, Ditjen Sumber Daya Air, dan Kementerian PUPR.

Kepala Seksi Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Khoirul Morad, menyebutkan, konstruksi bendungan sudah diperhitungkan untuk bertahan hingga 50 tahun.

Menurut dia, bendungan juga tahan guncangan gempa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.