Mengintip Implan Microchip Buatan Swedia untuk Penyimpanan Data Sertifikat Vaksin

Kompas.com - 22/12/2021, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Teknologi microchip yang dapat ditanam di bawah kulit dan dapat digunakan untuk menyimpan data sertifikat vaksin Covid-19 kini telah hadir.

Melansir AFP, Selasa (21/12/2021) pengembangan microchip ini bertujuan agar masyarakat tidak perlu repot membawa dokumen sertifikat vaksin setiap mereka bepergian.

Pengembangan microchip itu dilakukan oleh DSruptive Subdermals, perusahaan asal Swedia.

"Jadi saya memiliki sebuah chip yang ditanam di lengan saya, dan saya telah memprogram chip itu sehingga sertifikat vaksin saya tersimpan di dalamnya," kata Hannes Sjoblad, Managing Director DSruptive Subdermals.

Baca juga: Penjelasan Satgas soal Kebijakan Karantina Mandiri bagi Pejabat Tinggi

"Alasannya adalah agar sertifikat vaksin itu dapat diakses dengan mudah, dan ketika saya memindai chip itu, saya cukup mengarahkan ponsel ke chip dan aplikasi akan membukanya," ujar dia.

Sjoblad mengatakan, sertifikat vaksin yang tersimpan dalam microchip itu berbentuk file PDF dan akan memudahkan petugas ketika perlu melakukan pengecekan.

"Misalnya ketika saya pergi ke bioskop atau ke pusat perbelanjaan, maka petugas dapat mengecek status vaksinasi saya, bahkan ketika saya tidak membawa ponsel," imbuhnya.

Baca juga: Aturan Terbaru Karantina bagi WNI dan WNA yang Tiba di Indonesia

Bukan alat pelacak

Sjoblad menjelaskan, microchip yang ditanam di bawah kulit itu tidak memiliki baterai dan tidak dapat mentransmisikan sinyal.

"Jadi pada dasarnya mereka bersifat pasif," ujar dia.

Menurut Sjoblad, microchip itu tidak dapat digunakan untuk melacak lokasi orang yang dipasangi perangkat tersebut.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.