Kompas.com - 20/12/2021, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta akan menerapkan aturan jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP). 

Hal itu dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan sejumlah alasan.

Di antaranya untuk mengurangi kemacetan, meningkatkan pelayanan angkutan massal, dan mendorong peralihan moda kendaraan pribadi ke angkutan umum massal lebih terjangkau.

Selain juga untuk alasan menurunkan tingkat polusi udara yang berasal dari asap kendaraan. 

Kepala Unit Pengelola Sistem Jalan Berbayar Elektronik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Zulkifli mengatakan, kebijakan tersebut bakal mulai berlaku pada tahun depan.

Menurutnya, penerapan jalan berbayar elektronik (JBE) ini sudah tercantum dalam Raperda tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta (RITJ).

"Kami sudah masukkan di Rencana Induk Transportasi Jakarta,” ujar Zulkifli, dalam FGD Percepatan Penerapan Jalan Berbayar Elektronik (JBE) di kanal YouTube Dewan Transportasi Kota Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Lantas, ruas jalan mana saja yang akan menerapkan jalan berbayar elektronik?

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Daftar Jalan Berbayar Elektronik di DKI Jakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.