Penjelasan Pertamina soal SPBU di Jakarta Disebutkan Tidak Menerima Pembayaran Tunai

Kompas.com - 19/12/2021, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Pejabat sementara (Pjs) Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Irto Ginting memberikan penjelasan terkait unggahan viral yang menyebutkan SPBU Pertamina di Jakarta tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk pelanggan roda empat.

Menurutnya, SPBU yang dimaksud dalam unggahan tersebut adalah SPBU khusus cashless (non-tunai) self service, dan hanya ada satu SPBU sebagai percontohan.

SPBU itu yakni, SPBU COCO 31.124.01 yang berlokasi di daerah Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca juga: Ramai soal Toilet di SPBU Jadi Ajang Pungli Kencing Bayar Rp 2.000, Ini Kata Pertamina

Irto menjelaskan, jalur cashless diberlakukan untuk jalur roda empat ke atas. Sementara untuk konsumen roda dua masih bisa melakukan pembayaran secara tunai.

"Ini adalah SPBU percontohan yang bertujuan untuk mendorong penggunaan pembayaran cashless," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (18/12/2021).

Pihaknya memastikan, selain SPBU di atas, SPBU lainnya, baik yang berada di Jakarta maupun di daerah lainnya tetap menerima pembayaran secara cash atau tunai.

"Di SPBU lain kita masih membuka opsi pemakaian cashless dan tunai. Sambil kita review tren pemanfaatan cashless oleh pelanggan," katanya lagi.

Baca juga: Ramai Isu Solar Langka, Ini Tanggapan Pertamina

Viral di media sosial

Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berlokasi di kawasan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menempelkan stiker mengenai penggunaan toilet gratis, Selasa (23/11/2021).KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berlokasi di kawasan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menempelkan stiker mengenai penggunaan toilet gratis, Selasa (23/11/2021).

Sebagaimana diberitakan, unggahan yang menyebutkan SPBU Pertamina di Jakarta sudah tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk pelanggan roda empat viral di media sosial.

Rincian unggahan tersebut dapat disimak pada akun Facebook ini.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.