Kompas.com - 18/12/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Varian Omicron sudah masuk Indonesia, dan WHO menyatakan bahwa vaksin Covid-19 saja tak cukup untuk menghadapi varian B.1.1.529 yang sudah menyebar di 77 negara ini.

Seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (17/12/2021), Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa vaksin yang sudah diterima penduduk dunia tak cukup digunakan mengantisipasi varian Omicron yang sudah menyebar.

Varian Omicron menyebar dalam level yang belum pernah terdeteksi pada varian sebelumnya seperti varian Delta.

"Saya harus sangat jelas: vaksin saja tidak akan membuat negara manapun keluar dari krisis," ungkap Tedros dalam pernyataan resminya, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Umrah Perdana Indonesia Ditunda karena Omicron, Ini Tanggapan Amphuri

Bahayakah Omicron bagi ibu hamil?

Penyebaran Omicron meresahkan, apalagi varian ini juga sudah masuk ke negara Indonesia.

Meski menurut dr. Indra Adi Susianto, Msi.Med, SpOG, WHO sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Omicron lebih berbahaya bagi kehamilan dibandingkan varian sebelumnya yaitu Delta.

OmicronKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Omicron
Penelitian yang dikeluarkan dalam periode Januari hingga Juni 2021 menyatakan bahwa varian Delta ditemukan pada kasus komplikasi kehamilan hingga menyebabkan kematian ibu hamil sebanyak 0,36 persen dari total kematian masyarakat dunia karena kasus Covid-19.

"Kasus komplikasi ini memiliki faktor pemberat seperti usia ibu hamil di atas 35 tahun, memiliki riwayat hipertensi, obesitas, dan kehamilan ganda," ungkap Indra Adi Susianto kepada Kompas.com, Sabtu (18/12/2021).

Sedangkan penelitian yang dilakukan di Perancis yang dilakukan baru-baru ini menyatakan bahwa Omicron sudah terbukti bisa menginfeksi ulang ibu hamil yang sebelumnya sudah terpapar varian Delta.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang ini, Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia atau POGI berpendapat bahwa efek dari Omicron terhadap kehamilan sama seperti varian Delta.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.