Kompas.com - 15/12/2021, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Sebuah unggahan foto bagian belakang KTP tertempel stiker "Saya Donor Mata", viral di media sosial Twitter pada Sabtu (11/12/2021).

Sebagaimana diunggah oleh akun Twitter ini, mengutip cuitan dari akun ini. "Satu hal berani apa yang lo lakuin di tahun 2021?"

Pengunggah mengunggah foto KTP dengan stiker "Saya Donor Mata", dengan nama lembaga donor, berikut nomor teleponnya.

Hingga Rabu (15/12/2021), twit itu sudah diretwit sebanyak 3.136 kali dan disukai sebanyak 30.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lalu, bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai donor mata? Apa saja syarat yang harus dipenuhi?

Baca juga: Bahaya Tidur dengan Mata Setengah Terbuka dan Cara Mengatasinya

Arti stiker "Saya Donor Mata" di KTP

Dokter spesialis mata bidang retina di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung dr Grimaldi Ihsan mengatakan, arti dari stiker "Saya Donor Mata" adalah pemilik kartu identitas tersebut sudah terdaftar sebagai donor mata.

Namun, pemberian stiker tersebut bergantung kepada institusi yang menyediakan layanan donor mata.

"Itu tergantung institusi, biasanya kalau pendonor meninggal, pihak keluarga akan menghubungi RS dan dari pihak RS akan mengambil kornea pendonor tanpa biaya," ujar Grimaldi, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/12/2021).

Grimaldi mengatakan, mendonorkan kornea mata adalah tindakan yang sangat mulia, ketika tubuh sudah tidak bernyawa, dapat tetap menjadi mukjizat bagi orang lain yang sangat membutuhkan.

Menurut dia, menjadi donor mata tidak bertentangan dengan semua ajaran agama.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.