Kompas.com - 15/12/2021, 06:05 WIB

KOMPAS.com - Dampak kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 7,4 di wilayah Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12/2021) dilaporkan terus bertambah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, setidaknya 346 rumah rusak hingga Selasa (14/12/2021) pukul 22.15 WIB.

Perinciannya yakni 134 rumah rusak berat, dan 212 lainnya rusak ringan.

"Selain itu ada 3 unit gedung sekolah, 2 tempat ibadah, 1 rumah jabatan kepala desa, dan 1 pelabuhan rakyat yang juga terdampak gempa bumi," ucap Abdul Muhari, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari sebagaiamana rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/12/2021) malam.

Baca juga: Berkaca dari Gempa Ambon, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Gempa Bumi

Dari laporan sementara, belum ada laporan mengenai korban jiwa.

"Akan tetapi data korban luka yang dilaporkan sebanyak 7 orang, 6 warga Kabupatan Kepulauan Selayar dan warga Kabupaten Manggarai di NTT," katanya lagi.

Abdul menambahkan, Kabupaten Kepulauan Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan masih menjadi wilayah yang paling banyak melaporkan kerusakan bangunan rumah akibat terdampak gempa bumi 7,4 magnitudo di Flores Timur tersebut.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Bumi Terjang Mentawai, Ratusan Orang Meninggal

Ratusan warga mengungsi akibat gempa di NTT

Foto : Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, memantau langsung para warga yang mengamankan diri di lapangan kantor bupati, Selasa sore. Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, memantau langsung para warga yang mengamankan diri di lapangan kantor bupati, Selasa sore.

Sementara itu, menurut laporan dari BPBD Kabupaten Sikka, sebanyak 770 orang mengungsi, dengan perincian 320 orang mengungsi di Kantor DPRD Kabupaten Sikka, 150 orang di Gedung SIC.

"Sisanya 330 lainnya di Aula Rumah Jabatan Bupati Sikka di NTT," kata dia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.