Kompas.com - 12/12/2021, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 62 tahun yang lalu, tepatnya pada 12 Desember 1959, SEA Games atau Southeast Asian Games pertama kali diselenggarakan di Thailand.

Diberitakan Kompas.com, 30 November 2019, SEA Games bermula dari Southeast Asian Peninsular Games atau SEAP Games.

Saat delegasi dari negara-negara Southeast Asian Peninsula menghadiri Asian Games ketiga di Tokyo, Jepang pada 1958, mereka mengadakan pertemuan dan menyetujui penetapan organisasi keolahragaan.

Adanya SEAP Games tidak lepas dari peran Laung Sukhumnaipradit atau Laung Sukhum Nayapradit, Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand.

Laung melontarkan gagasan tentang acara olahraga dengan skala yang lebih kecil, terdiri dari negara-negara di semenanjung Asia Tenggara.

Baca juga: Dinilai Buruk, Ini Deretan Masalah di Penyelenggaraan SEA Games 2019

Negara-negara pendiri

Kontingen Indonesia saat pembukaan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.Shutterstock Kontingen Indonesia saat pembukaan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Adapun negara-negara pendiri terdiri atas Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaya (sekarang Malaysia), Laos, Vietman Selatan (sekarang Vietnam), dan Kamboja.

Kemudian, disepakati untuk penyelenggaraan olimpiade dua kali dalam setahun, dan pembentukan Komite Federasi SEAP Games.

SEAP Games pertama diselenggarakan di Bangkok pada 12-17 Desember 1959.

Gelaran SEAP Games pertama itu secara resmi dinyatakan dibuka oleh Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand di Stadion Nasional Bangkok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.