Kompas.com - 09/12/2021, 19:04 WIB
Warga RT 005/RW 008 Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Solo, Siti Solekhah, 36, menunjukkan kartu JKN-KIS yang belum lama ini digunakan untuk menjamin biaya persalinan anak ketiganya, Jumat (23/7/2021). Dia merasa beruntung suaminya, Prisma Suganda, 30, juga bisa menjalani operasi batu ginjal belum lama ini tanpa harus menanggung biaya karena telah bergabung dalam program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan. KOMPAS.com/IRAWAN SAPTO ADHIWarga RT 005/RW 008 Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Solo, Siti Solekhah, 36, menunjukkan kartu JKN-KIS yang belum lama ini digunakan untuk menjamin biaya persalinan anak ketiganya, Jumat (23/7/2021). Dia merasa beruntung suaminya, Prisma Suganda, 30, juga bisa menjalani operasi batu ginjal belum lama ini tanpa harus menanggung biaya karena telah bergabung dalam program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan.

KOMPAS.com - Pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini kian mudah.

Pasalnya, calon peserta JKN-KIS tidak perlu susah payah datang ke kantor Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan bisa mengurusnya di rumah dengan memanfaatkan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp atau yang disebut Pandawa.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf.

Baca juga: BPJS Kesehatan Akan Terapkan Kelas Standar Mulai 2022, seperti Apa Gambarannya?

Pandawa, imbuhnya merupakan kanal pelayanan administrasi BPJS yang dilakukan melalui WhatsApp.

"Intinya semua pelayanan yang tercantum dalam Pandawa bisa dilakukan tanpa tatap muka. Termasuk mendaftar JKN-KIS. Enggak perlu (datang ke kantor)," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (9/12/2021).

Terkait dengan pelayanan, Iqbal menjelaskan jam pelayanan dimulai pukul 08.00 hingga 15.00 saat hari kerja.

Baca juga: Lowongan Kerja BPJS Kesehatan untuk D3, D4, dan S1 Segala Jurusan, Apa Posisinya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.