Ramai soal Belajar Terlalu Giat Bisa Sebabkan Mimisan, Benarkah?

Kompas.com - 08/12/2021, 15:05 WIB
Tangkapan layar twit yang menyebut belajar terlalu giat bisa sebabkan mimisan. TwitterTangkapan layar twit yang menyebut belajar terlalu giat bisa sebabkan mimisan.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai kegiatan belajar yang disebut bisa menyebabkan mimisan ramai diperbincangkan di Twitter pada Jumat (26/11/2021).

Disebutkan bahwa kasus tersebut disebut pernah dialami oleh siswa di Korea.

"Kalian pernah gk si nugas/belajar sampe mimisan? Aku sempet shock liat funfact siswa di korea bakal bangga kalo belajar sampe mimisan, karna artinya mereka udh berusaha keras," tulis pengirim dalam akun Twitter @collegemenfess.

Hingga Rabu (8/12/2021), twit itu sudah dikutip sebanyak 211 kali dan disukai sebanyak 1.504 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Berbahayakah Tidur dengan Kipas Angin Menyala Sepanjang Malam?

Benarkah belajar terlalu giat bisa sebabkan mimisan?

Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) di Rumah Sakit RS Columbia Asia (RSCA) Prof Delfitri Munir mengatakan bahwa mimisan dan belajar tidak berhubungan secara langsung.

Menurutnya, mimisan pada pelajar bisa dipicu karena faktor stres dan lainnya.

"Stres yang terjadi ketika belajar untuk persiapan ujian dapat memicu peningkatan tekanan darah sehingga dimungkinkan dapat menimbulkan mimisan," ujar Delfitri kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, kebiasaan minum kopi untuk mencegah kantuk juga dapat meningkatkan tekannan darah yang juga bisa mengakibatkan mimisan.

"Tanpa disadari tindakan ngupil sering dilakukan ketika belajar juga dapat menimbulkan mimisan," lanjut dia.

Baca juga: Kenali Linea Nigra, Garis Samar yang Ada di Perut Perempuan

Mengenal apa itu mimisan dan penyebab terjadinya

Ada beberapa penyebab mimisan. Mimisan yang terjadi tiba-tiba atau jarang terjadi sering kali bukan keadaan serius. Namun, jika Anda sering mimisan, bisa jadi itu merupakan tanda masalah yang lebih serius.FREEPIK/WAYHOMESTUDIO Ada beberapa penyebab mimisan. Mimisan yang terjadi tiba-tiba atau jarang terjadi sering kali bukan keadaan serius. Namun, jika Anda sering mimisan, bisa jadi itu merupakan tanda masalah yang lebih serius.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.