Kompas.com - 07/12/2021, 10:34 WIB
Daftar abjad dalam SIBI (Sistem Bahasa Isyarat Indonesia). Kamus SIBI (pmpk.kemdikbud.go.id/sibi)Daftar abjad dalam SIBI (Sistem Bahasa Isyarat Indonesia).

KOMPAS.com - Tindakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memaksa seorang penyandang disabilitas tuli untuk berbicara di atas panggung menuai kritik.

Pemerhati penyandang disabilitas, Slamet Thohari menilai, seharusnya Risma tidak memaksa seorang penyandang disabilitas tuli untuk berbicara.

Menurut dia, Risma mestinya justru mendukung penggunanaan bahasa isyarat bagi penyandang disabilitas tuli.

"Seharusnya Ibu menteri menyosialisasikan bahasa isyarat, bukannya memaksa tuli melakukan bicara," kata Slamet, seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Tinggal Serumah dengan ODGJ, Apa yang Harus Dilakukan?

Slamet menjelaskan, bahasa isyarat adalah hak bagi penyandang disabilitas tuli dan sudah diatur dalam Undang-Undang.

Ia menuturkan, hal yang dilakukan Risma terjadi karena ada cara pandang bahwa penyandang disabilitas tuli harus mengikuti bahasa dan logika bertutur orang yang bisa mendengar.

"Padahal mereka mempunyai cara sendiri. Nah caranya mereka adalah memakai bahasa isyarat," ujar Slamet.

Baca juga: Sejarah Hari Disabilitas Internasional dan Upaya Memenuhi Hak Penyandang Disabilitas...

Bahasa isyarat di Indonesia

Tulisan bahasa isyarat di Kurabu Ramen.  Kompas.com/Krisda Tiofani Tulisan bahasa isyarat di Kurabu Ramen.

Diberitakan Kompas.com, 23 September 2020, di Indonesia terdapat dua jenis bahasa isyarat yang kerap digunakan, yaitu Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo).

SIBI merupakan bahasa isyarat yang berkembang dari serapan American Sign Language dan merupakan cara merepresentasikan tata bahasa lisan Indonesia ke dalam gerakan isyarat buatan tertentu.

SIBI sudah diresmikan dalam Undang-Undang No 2 Tahun 1989 serta dibakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 30 Juni 1994 menjadi sistem isyarat untuk teman tuli.

Baca juga: Viral Video Pria Penyandang Disabilitas Jatuh dari Kursi Rodanya Saat Unjuk Rasa, Bagaimana Cerita Sebenarnya?

SIBI juga digunakan sebagai pengantar komunikasi di kurikulum Sekolah Luar Biasa (SLB).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.