Kompas.com - 06/12/2021, 12:30 WIB
Selain digunakan memaniskan minuman, gula pasir juga memiliki berbagai manfaat ekstra. Unsplash/Aran PrimeSelain digunakan memaniskan minuman, gula pasir juga memiliki berbagai manfaat ekstra.

KOMPAS.com - Gula pasir yang sudah lama disimpan di lemari dapur jangan lantas dibuang. Gula pasir yang sudah tak layak seduh masih bisa digunakan untuk berbagai manfaat ekstra.

Butiran dari gula pasir efektif digunakan sebagai bahan pembersih perabotan rumah. Dan senyawa glukosa yang ada di dalamnya juga bisa digunakan menunjang sistem hidup tanaman.

Melansir dari Reader's Digestada beberapa kegunaan ekstra dari gula pasir selain digunakan untuk membumbui sajian dan minuman.

Jadi jika Anda mulai mengubah pola hidup sehat dengan mengurangi zat gula, alihkan saja stok gula pasir yang ada di rumah untuk kegunaan ini.

Baca juga: 6 Manfaat Cokelat untuk Ibu Hamil

Manfaat ekstra dari gula pasir

Berikut ini berbagai kegunaan lain dari gula pasir selain digunakan untuk memaniskan sajian:

1. Membersihkan coffee grinder

Residu kopi yang ada di coffee grinder atau alat penggiling biji kopi bisa dibersihkan menggunakan gula pasir. UNSPLASH/COFFEE GEEK Residu kopi yang ada di coffee grinder atau alat penggiling biji kopi bisa dibersihkan menggunakan gula pasir.
Grinder kopi atau alat penggiling biji kopi rawan ditumbuhi jamur karena residu bubuk kopi yang tertinggal di sudut-sudutnya.

Untuk membersihkan grinder kopi, masukkan secangkir kecil gula pasir ke dalam tabung grinder dan gilinglah selama beberapa menit.

Gula pasir efektif membersihkan residu kopi yang tertinggal di dalam grinder sekaligus menghilangkan bau apek yang ada di dalamnya.

Dijamin, setelah dibersihkan menggunakan gula pasir, seduhan kopi Anda akan menjadi lebih wangi dan sedap.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.