Kompas.com - 05/12/2021, 20:00 WIB
Terlalu banyak menghabiskan waktu di platform media sosial kerap dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan stres. UNSPLASH/DOLE777Terlalu banyak menghabiskan waktu di platform media sosial kerap dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan stres.

KOMPAS.com - Belakangan ini, banyak tersiar kabar tak mengenakkan di media sosial, seperti kasus pemerkosaan, kekerasan seksual, bencana, dan kabar lainnya.

Hati-hati, informasi tersebut bisa menyebabkan stres dan kecemasan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kecemasan yang timbul dari informasi di medsos?

Berikut penjelasan dari psikolog:

Baca juga: Hubungan Kecemasan Sosial, Depresi, dan Penggunaan Aplikasi Kencan...

Penjelasan psikolog

Psikolog Forensik Klinis Aditya Kasandra Putranto menjelaskan bahwa kecemasan terbentuk di sepanjang kehidupan.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik, pola asuh, belajar, gaya hidup, dan pengalaman.

Kasandra mengatakan, penelitian menyebutkan bahwa kecemasan muncul pada individu dengan tipe kepribadian yang neurotik dan introver.

"Kecemasan juga ditandai dengan rendahnya kadar serotonin. Serotonin memengaruhi setiap bagian tubuh seseorang, mulai dari emosi hingga ketrampilan motorik seseorang," ujar Kasandra, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Seratonin dianggap sebagai penstabil suasana hati alami dan dianggap mengatur kecemasan, kebahagiaan, serta suasana hati.

"Rendahnya zat ini dikaitkan dengan depresi, sementara peningkatan kadar serotonin yang disebabkan oleh pengobatan dianggap menurunkan gairah," lanjut dia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.