Kompas.com - 05/12/2021, 12:45 WIB
Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas terlihat dari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat mewaspadai potensi awan panas dan lahar dingin di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru terutama di aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat. ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTOGunung Semeru yang mengeluarkan awan panas terlihat dari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat mewaspadai potensi awan panas dan lahar dingin di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru terutama di aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.

KOMPAS.com - Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB dan mengeluarkan awan panas guguran (APG). 

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak awan membumbung tinggi.

Di video lain, terlihat kondisi di sebuah tempat yang gelap gulita akibat pekatnya abu vulkanik dari Gunung Semeru.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani menyampaikan, jarak luncur awan panas guguran Gunung Semeru mencapai hingga 11 kilometer.

Awan panas guguran itu mengarah ke Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus Jadi Trending Topik di Twitter

Profil Gunung Semeru

Gunung Semeru berada di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Semeru merupakan gunung berapi berbentuk kerucut.

Menurut penelusuran Kompas.com menggunakan aplikasi Google Maps, jarak Semeru ke pusat Kabupaten Malang adalah 27,3 km, sedangkan ke Kabupaten Lumajang 24,4 km.

Jika dilihat di peta, Gunung Semeru berada di sebelah timur kota Malang dan sebelah barat Kabupaten Lumajang.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa

Melansir Kompas.com, 18 Desember 2018, puncak Gunung Semeru disebut Mahameru, memiliki ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hal ini membuatnya menyandang predikat puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru juga gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Gunung Kerinci (3805 mdpl) dan Rinjani (3726 mdpl).

Gunung ini mempunyai 3 danau, yakni Ranu Kumbolo, Ranu Pani, dan Ranu Regulo. Dari ketiganya, yang paling terkenal adalah Ranu Kumbolo.

Beberapa waktu lalu namanya sempat mencuat bersamaan dengan masyhurnya film 5 cm.

Melansir laman Volcano, Gunung Semeru merupakan gunung berapi jenis strato. Gunung ini memiliki kawah Jonggring-Seloko yang aktif di puncak Mahameru.

Periode letusan dimulai pada 2014 dan baru-baru ini ditandai oleh gumpalan abu, aliran piroklastik, longsoran pijar, dan aktivitas termal.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Guguran

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.