Kompas.com - 04/12/2021, 15:30 WIB
Tanaman tomat ceri bisa diletakkan indoor untuk menyejukkan ruangan dapur. Unsplash/Jasmin SchreiberTanaman tomat ceri bisa diletakkan indoor untuk menyejukkan ruangan dapur.

KOMPAS.com - Tanaman indoor tak harus tanaman hias atau tanaman bunga. Pohon buah-buahan pun bisa dijadikan tanaman indoor.

Tanaman buah justru bisa berfungsi ganda. Hijau daunnya bisa memproduksi oksigen dan menyegarkan ruangan, rimbun pohonnya bisa menyejukkan mata, dan produksi buahnya bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Namun tentu saja, tak semua tanaman buah bisa dijadikan tanaman indoor. Hanya tanaman dengan produksi buah yang kecil-kecil saja yang bisa diletakkan di dalam rumah.

Tanaman buah yang berpotensi tinggi menjulang juga tentu saja tak bisa dimasukkan dan dirawat di dalam rumah.

Baca juga: Jangan Merokok di Dalam Rumah, Nikotin Bisa Membunuh Tanaman Indoor

Cara menanam tanaman buah indoor

Pohon lemon, jeruk nipis dan tomat memang sewajarnya diletakkan di pekarangan. Namun di musim penghujan yang tinggi curah air dan banyak angin, tanaman ini bisa mudah rusak.

Melansir dari Gardening Know Howterpaan angin yang kencang mudah mematahkan ranting-ranting pohon jeruk nipis dan tomat yang kecil.

Jadi meletakkan tanaman buah di dalam rumah, bisa efektif mengurangi risiko tanaman rusak akibat cuaca.

Perlakukan tanaman buah layaknya tanaman hias, letakkan di tempat yang cukup cahaya matahari dan beri asupan air dengan cukup.Unsplash/cassidy Phillips Perlakukan tanaman buah layaknya tanaman hias, letakkan di tempat yang cukup cahaya matahari dan beri asupan air dengan cukup.
Ketika Anda menanam tanaman buah di dalam rumah, sebaiknya perlakukan mereka layaknya tanaman hias.

Dalam artian, ada beberapa risiko tanaman tak berbuah dengan optimal layaknya tanaman buah yang memang dikembangkan sebagai budidaya buah.

Namun Anda tetap bisa mengambil keuntungan dari kesejukan rimbun daun dan beberapa produksi buah yang dihasilkan tanaman tersebut. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.