Kompas.com - 04/12/2021, 13:56 WIB
Jalan Malioboro, Yogyakarta DOK. Shutterstock/Jon Chica Shutterstock/Jon ChicaJalan Malioboro, Yogyakarta DOK. Shutterstock/Jon Chica

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna media sosial menanyakan soal ketentuan berwisata di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, pada malam tahun baru 2022.

Salah satu pengguna Facebook menanyakan apakah kawasan wisata ikonik Yogyakarta ini akan dibuka pada saat tahun baru nanti.

"Info malam tahun baru buka/tutup ya, rencana mau cari homestay yang murah" aja utamakan dekat malioboro," tulis akun bernama Rio.

Namun, kawasan Malioboro ternyata tidak akan sepenuhnya dibuka untuk wisatawan pada malam tahun baru.

Polda DIY menerapkan aturan khusus di kawasan Malioboro pada malam itu.

Baca juga: Aturan Perjalanan Selama Periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Hanya dibuka untuk kendaraan melintas

Kepala Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto mengatakan, jika biasanya Malioboro dibuka untuk kendaraan sejak pukul 18.00-22.00 WIB dan hanya pejalan kaki yang bisa melintas, pada malam tahun baru akan diberlakukan aturan yang berbeda. 

"Ini akan kami ubah pada saat malam tahun baru. Kalau malam tahun baru seperti tahun 2020 itu kita berlakukan kendaraan melintas. Jadi tidak sempat ada orang berhenti untuk jalan kaki di sepanjang jalan malioboro atau kongkow-kongkow di jalan malioboro," kata Yuliyanto kepada Kompas.com, Kamis (2/12/2021).

Kendaraan-kendaraan yang melintas juga tidak akan diizinkan parkir atau berhenti di kawasan wisata itu sehingga yang ada hanya kendaraan-kendaraan yang melintas.

Polda DIY mengaku lebih memilih untuk terjadi kepadatan kendaraan daripada membiarkan terjadi kerumunan masyarakat atau pengunjung.

Kerumunan itu dinilai lebih berisiko karena bisa memicu penularan virus corona.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.