Kompas.com - 04/12/2021, 11:00 WIB
Pastikan dapur dan peralatan memasak selalu higienis agar tak ada patogen yang bisa meracuni anggota keluarga. Unsplash/Kevin MccutcheonPastikan dapur dan peralatan memasak selalu higienis agar tak ada patogen yang bisa meracuni anggota keluarga.

KOMPAS.com - Hampir semua sajian yang dimakan anggota keluarga berasal dari dalam dapur, dimasak atau disiapkan di dalam ruang dapur. 

Karena itulah, jika ingin mencegah kejadian yang tak diinginkan seperti keracunan makanan, kita harus memulainya dari pangkal aliran makanan berjalan yaitu dapur. 

Ruth S. MacDonald dari Fakultas Pertanian dan Ilmu Hayati Universitas Iowa Amerika Serikat, menyatakan bahwa ada beberapa mikroorganisme yang memicu keracunan makanan pada manusia.

Mikroorganisme yang bersifat patogen adalah yang akan membuat kita sakit, dan jenis mikroorganisme lainnya lagi adalah yang bisa membuat makanan busuk dan berbau tak sedap.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Keracunan Makanan

Tips dapur untuk mencegah keracunan makanan

Untuk menjaga kesehatan anggota keluarga, Anda harus memastikan semua sajian dimasak dan diolah dengan cara yang higienis.

Dan untuk memastikan semua sajian higienis, Anda harus memastikan pula semua alat masak yang digunakan sudah dicuci dan dibersihkan dari segala kuman dan bakteri.

Berikut ini beberapa tips menjaga dapur, agar sajian Anda selalu bersih dan anggota keluarga jauh dari bahaya keracunan makanan:

1. Selalu mencuci tangan sebelum mengolah makanan

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum Anda mengolah bahan makanan.Shutterstock/Alexander Raths Cuci tangan terlebih dahulu sebelum Anda mengolah bahan makanan.
Melansir dari Popscience, keberadaan patogen tak bisa terdeteksi di bahan makanan apapun.

Jadi yang bisa kita lakukan adalah selalu mengolah bahan makanan dalam ruang yang terjaga kebersihannya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.