Kompas.com - 03/12/2021, 20:50 WIB
Seorang pria memakai masker wajah untuk mengekang penyebaran Covid-19, yang sekarang wajib di Inggris di toko-toko, pusat perbelanjaan dan di transportasi umum, setelah munculnya varian Omicron baru, di Liverpool, Inggris, Selasa, 30 November 2021. AP PHOTO/PETER BYRNESeorang pria memakai masker wajah untuk mengekang penyebaran Covid-19, yang sekarang wajib di Inggris di toko-toko, pusat perbelanjaan dan di transportasi umum, setelah munculnya varian Omicron baru, di Liverpool, Inggris, Selasa, 30 November 2021.

KOMPAS.com - Varian Omicron yang merupakan varian baru dari virus corona penyebab Covid-19 dan pertama kali dilaporkan oleh Afrika Selatan kini menyebar ke berbagai negara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan varian Omicron B.1.1.529 sebagai variant of concern (VoC) atau varian yang mengkhawatirkan.

Hal ini disebabkan jumlah mutasi pada protein spike varian Omicron yang jauh lebih tinggi dibandingkan varian lainnya, termasuk varian Delta.

Jumlah mutasi yang tinggi ini membuat varian tersebut berpotensi lebih menular dan dikhawatirkan dapat menyebabkan ledakan kasus Covid-19 yang tidak terkendali.

Baca juga: Peringatan Epidemiolog soal Varian Baru Virus Corona B.1.1.529

Negara mana saja yang telah mendeteksi varian Omicron?

Daftar 27 negara yang laporkan varian Omicron

Kasus infeksi Covid-19 yang terkait dengan varian Omicron telah terdeteksi di 27 negara.

Sebelumnya, per Rabu (1/12/2021) CNN melaporkan 25 negara di dunia telah mendeteksi varian Omicron.

Kemudian, diberitakan Kompas.com, Jumat (3/12/2021) dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia, melaporkan temuan kasus varian Omicron di wilayahnya.

Baca juga: Bagaimana Gejala Terinfeksi Varian Omicron dan Apakah Terdeteksi PCR?

Malaysia menemukan satu kasus varian Omicron yang berasal dari seorang pelajar asing berusia 19 tahun.

Pelajar tersebut diketahui tiba dari Afrika Selatan melalui Singapura pada 19 November 2021 dan telah menjalani tes PCR setibanya di Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.