Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Viral Kelirumologi Terminologi Masturbasi

Kompas.com - 03/12/2021, 13:17 WIB
Ilustrasi masturbasi Ilustrasi masturbasi

SAMA sekali saya tidak berniat menulis perihal pornografi di dalam naskah yang sedang Anda baca ini.

Saya menulis naskah ini murni sebagai bahasan kelirumologis tentang naskah yang termuat di dalam Kompas.com, 1 Desember 2021, dengan judul keren “Viral Tantangan Masturbasi DDD Challenge di Medsos, Apa Itu?”

Naskah keren tersebut eksplisit menggunakan istilah viral dan masturbasi sebagai dua “clickbait” demi menarik perhatian masyarakat medsos, khususnya TikTok, agar minimal membuka link naskah tersebut.

Polemik

Saya tidak berniat melibatkan diri ke dalam kemelut polemik kelayakan terhadap tantangan masturbasi DDD challenge maupun polemik sehat-tidaknya perilaku masturbasi.

Saya membatasi diri fokus terbatas pada hasil penelitian Pusat Studi Kelirumologi terhadap kekeliruan tafsir terhadap semantika dan etimologi istilah masturbasi.

Entah kenapa dan bagaimana, ternyata pada kenyataan leksikal Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa ada dua istilah untuk perilaku memuaskan diri sendiri oleh diri sendiri secara seksual, yaitu masturbasi dan onani.

Arti masturbasi di KBBI adalah “proses memperoleh kepuasan seks tanpa berhubungan kelamin”.

Sementara menurut KKBI onani adalah “pengeluaran mani (sperma) tanpa melakukan sanggama; masturbasi”.

Ternyata KBBI bersikap mendua alias ambivalen. Di satu sisi mensinonimkan masturbasi dengan onani, namun di sisi lain secara generik membedakan bahwa onani terkait sperma.

Berarti onani secara implisit hanya bisa dilakukan oleh kaum lelaki, sementara masturbasi bisa dilakukan oleh lelaki maupun perempuan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.