Kompas.com - 02/12/2021, 13:00 WIB
Senyum bisa menular dengan cepat, begitu juga dengan ekspresi wajah murung. Unsplash/Lesly JuarezSenyum bisa menular dengan cepat, begitu juga dengan ekspresi wajah murung.

KOMPAS.com - Senyum dan cemberut bisa menular. Secara garis besar, ekspresi wajah bisa menular ke orang-orang di sekitar kita dengan mudah dan cepat. 

Ketika kita tengah berinteraksi dengan orang lain, wajah kita akan mengeluarkan ekspresi tertentu tanpa kita sadari.

Menurut Adriene Wood, Ph.D, dari Universitas Wisconsin Amerika Serikat, sensor motorik di dalam otak adalah yang menyuruh wajah menciptakan ekspresi ini tanpa kita sadari.

Ekspresi ini bisa tersenyum, tertawa, atau malah cemberut.

Melansir dari Huffpost, tentang ekspresi wajah yang menular ini sudah digali dalam banyak penelitian.

Baca juga: Mengapa Mudah Mengingat Wajah tapi Sulit Mengingat Nama?

Mengapa senyum dan cemberut bisa menular

Dalam penelitian tersebut didapat kesimpulan bahwa ketika kita berkomunikasi, kita akan mencoba memahami apa yang dirasakan orang yang berbicara di depan kita.

Ketika kita tengah berusaha memahami inilah, otak akan menciptakan ekspresi yang sama yang disampaikan melalui sensor motoriknya.

Kontak wajah adalah akses penularan ekspresi wajah.Unsplash/Priscilla Du Preez Kontak wajah adalah akses penularan ekspresi wajah.
Itulah sebabnya, ketika kita tersenyum, tertawa, atau sedih, orang di sekitar kita juga akan terlihat memiliki ekspresi yang sama.

Peniruan ekspresi ini dinamakan respon sosial. Menurut Wood, kontak mata adalah cara tercepat "penularan" ini bisa terjadi.

"Ketika Anda ingin seseorang memahami perasaan Anda, atau justru Anda ingin memahami perasaan orang di depan Anda, maka lihatlah baik-baik kedua matanya," ujar Wood.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.