Kompas.com - 01/12/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi HIV/Aids, Hari Aids Sedunia ShutterstockIlustrasi HIV/Aids, Hari Aids Sedunia

KOMPAS.com - Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Desember.

Melansir laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tahun ini peringatan Hari AIDS Sedunia mengusung tema "Akhiri ketidaksetaraan. Akhiri AIDS".

AIDS adalah singkatan dari nama penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome, yang berawal dari serangan HIV (Human Immunodeficiency Virus).

HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia.

Virus ini menginfeksi dan menghancurkan jenis sel darah putih di dalam tubuh sehingga daya tubuh memburuk dan rentan diserang penyakit.

Baca juga: Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2021: Sejarah, Peringatan, Tema, dan Link Twibbon

Tema Hari AIDS sedunia

WHO menyebutkan, HIV/AIDS tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat serius yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Meskipun dunia telah membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, namun target global penanganan HIV pada 2020 masih belum terpenuhi.

Perpecahan, disparitas dan pengabaian hak asasi manusia adalah beberapa hambatan yang memungkinkan HIV tetap menjadi krisis kesehatan global.

Hal ini diperparah dengan pandemi Covid-19 yang mempengaruhi setiap sendi kehidupan, sehingga membuat kehidupan banyak orang yang hidup dengan HIV lebih berat.

Pada 1 Desember 2021, WHO menyerukan para pemimpin global dan warga dunia untuk bersatu menghadapi ketidaksetaraan yang mendorong AIDS dan untuk menjangkau orang-orang yang saat ini masih belum menerima layanan pengobatan HIV.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.