Saat Ilmuwan Kembangkan Robot Hidup Pertama di Dunia...

Kompas.com - 01/12/2021, 07:03 WIB
Tangkapan layar video xenobot, ribut hidup pertama yang dikembangkan dari sel induk katak cakar Afrika Tangkap layar video CNNTangkapan layar video xenobot, ribut hidup pertama yang dikembangkan dari sel induk katak cakar Afrika

KOMPAS.com - Para Ilmuwan asal Amerika Serikat yang menciptakan robot hidup pertama di dunia menyebutkan, robot itu sekarang dapat bereproduksi.

Robot bernama xenobot itu bereproduksi dengan cara yang tidak terlihat pada tumbuhan dan hewan.

Mengutip CNN, dibentuk dari sel induk katak cakar Afrika (Xenopus laevis), xenobots memiliki lebar kurang dari satu milimeter (0,04 inci),

Gumpalan-gumpalan kecil itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 setelah eksperimen menunjukkan bahwa mereka dapat bergerak, bekerja sama dalam kelompok, dan menyembuhkan diri sendiri.

Sekarang, para ilmuwan yang mengembangkannya di University of Vermont, Tufts University, dan Wyss Institute for Biologically Inspired Engineering di Harvard University menyebut mereka telah menemukan bentuk reproduksi biologis yang baru.

"Saya terkejut dengan itu," kata Michael Levin, seorang profesor biologi dan direktur Allen Discovery Center di Tufts University yang juga penulis utama.

Baca juga: Mengenal Tesla Bot, Robot Berbentuk Manusia Ciptaan Elon Musk

Robot atau organisme?

Sel punca adalah sel yang tidak terspesialisasi dan memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi jenis sel yang berbeda.

Untuk membuat xenobots, para peneliti mengambil sel induk hidup dari embrio katak dan membiarkannya mengerami.

Tidak ada manipulasi gen yang terlibat.

"Kebanyakan orang menganggap robot terbuat dari logam dan keramik. Bukan dari apa robot itu dibuat, tetapi apa yang dilakukannya, yang bertindak atas nama manusia," kata profesor ilmu komputer dan robotika di University of Vermont, Josh Bongard.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.