Kompas.com - 30/11/2021, 19:05 WIB
Boneka adalah benda yang sering dipegang buah hati, jadi cuci boneka secara rutin agar tak ada kuman dan bakteri yang bisa membahayakan tubuh anak. Unsplash/Robin PhoenixBoneka adalah benda yang sering dipegang buah hati, jadi cuci boneka secara rutin agar tak ada kuman dan bakteri yang bisa membahayakan tubuh anak.

KOMPAS.com - Mainan adalah benda yang dekat dengan tubuh buah hati Anda. Mainan akan terus dipegang, dipeluk, bahkan juga dimasukkan ke dalam mulut oleh anak-anak usia balita.

Mainan bisa terbuat dari plastik, karet, serat kain, busa atau helai rambut sintetis. Apapun bahan dari mainan tersebut, sebaiknya mainan dicuci dan dibersihkan secara rutin agar tak ada bakteri dan kuman yang bisa membahayakan tubuh buah hati Anda.

Jika mainan terbuat dari karet atau plastik, maka proses pencucian dan pengeringannya cukuplah mudah. 

Tapi bagaimana jika mainan yang ada adalah boneka yang terbuat dari komposisi serat kain juga busa?

Melansir New York Times, selain dicuci rutin dua bulan atau tiga bulan sekali, boneka juga harus langsung dibersihkan sehabis buah hati Anda sakit.

Ketika buah hati sakit, kuman, virus dan bakteri bisa menempel pada serat-serat kain boneka.

Jadi agar anak-anak tak kembali jatuh sakit, boneka bersama sprei dan selimut milik anak harus segera dicuci dengan bersih.

Baca juga: 6 Cara Mencuci Jeans yang Benar agar Tetap Awet

Mencuci boneka dengan mesin cuci

Boneka bisa dicuci dengan manual atau mesin cuci, tergantung komposisi bahan dari boneka yang ada.Unsplash/kelly Sikkema Boneka bisa dicuci dengan manual atau mesin cuci, tergantung komposisi bahan dari boneka yang ada.
Untuk pembersihan rutin, Anda sebenarnya tak perlu selalu mencuci boneka yang ada.

Jika boneka tak terlihat sangat kotor atau berbau, Anda cukup mengelapnya dengan kain lembab yang sudah diberi air bersih. 

Jika ingin mencucinya menggunakan mesin, cek dulu label yang menempel pada boneka. Adakah larangan pencucian menggunakan air, atau adakah saran penggunaan air dengan suhu tertentu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.