13 Negara Tutup Pintu Kedatangan dari Afrika karena Omicron, Mana Saja?

Kompas.com - 29/11/2021, 09:05 WIB
Para pengguna komuter mengenakan masker wajah melindungi diri dari virus corona saat mereka tiba di stasiun transportasi umum Brandenburger Tor di Berlin, Jerman, Jumat (12/11/2021). Jerman memerangi gelombang keempat virus corona dengan jumlah infeksi yang tinggi dalam beberapa hari terakhir . AP PHOTO/MARKUS SCHREIBERPara pengguna komuter mengenakan masker wajah melindungi diri dari virus corona saat mereka tiba di stasiun transportasi umum Brandenburger Tor di Berlin, Jerman, Jumat (12/11/2021). Jerman memerangi gelombang keempat virus corona dengan jumlah infeksi yang tinggi dalam beberapa hari terakhir .

KOMPAS.com - Munculnya varian baru Covid-19 yang berasal dari wilayah selatan Afrika atau disebut varian Omicron, menjadi perhatian besar dunia.

Guna mencegah penyebarannya, sejumlah negara menutup pintu kedatangan dari para pendatang Afrika maupun negara-negara yang telah terinfeksi varian Omicron.

Sejauh ini, varian baru Covid-19 B.1.1.529 telah terdeteksi di Afrika Selatan, Botswana, Hong Kong, Italia, Jerman, hingga Israel.

Baca juga: Simak, Ini Penjelasan WHO tentang Varian Baru Corona B.1.1.529

13 negara yang tutup pintu kedatangan Afrika karena Omicron

Termasuk Indonesia, berikut daftar negara yang menutup penerbangan dari Afrika guna mencegah penyebaran varian Omicron:

1. Indonesia

Pemerintah menerbitkan aturan baru terkait perjalanan internasional bagi warga negara asing  (WNA) yang hendak masuk ke Indonesia.

Aturan baru perjalanan internasional ini diterbitkan dalam rangka menyikapi dinamika munculnya varian baru Covid-19 B.1.1.529 dari luar wilayah Indonesia.

Aturan pembatasan pelaku perjalanan internasional yang akan masuk wilayah Indonesia diterbitkan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Salah satu ketentuan dalam aturan baru yakni, adanya larangan masuk ke Indonesia bagi WNA yang baru saja singgah di 8 negara tertentu dalam waktu 14 hari sebelumnya.

Baca juga: Daftar Negara yang Dilarang Masuk Indonesia Imbas Varian Omicron

Aturan baru ini melarang masuknya orang asing ke wilayah Indonesia bagi yang mempunyai riwayat perjalanan mengunjungi wilayah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria.

Selain itu, Ditjen Imigrasi juga menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria.

Aturan pembatasan masuknya orang asing serta penangguhan sementara visa bagi negara terkait mulai berlaku pada Senin, 29 November 2021.

Baca juga: INFOGRAFIK: Jenis-jenis Visa dan Kegunaannya

Ilustrasi varian Omicron. Peneliti memegang sampel darah varian baru Covid-19 Omicron (B.1.1.529). Varian Omicron langsung dimasukkan WHO ke kategori variant of concern.SHUTTERSTOCK/angellodeco Ilustrasi varian Omicron. Peneliti memegang sampel darah varian baru Covid-19 Omicron (B.1.1.529). Varian Omicron langsung dimasukkan WHO ke kategori variant of concern.

2. Amerika Serikat (AS)

AS pada Jumat (26/11/2021) melarang kedatangan dari delapan negara di selatan Afrika, yaitu Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (27/11/2021), hanya warga negara AS dan penduduk tetap yang masih boleh tiba dari delapan negara tersebut, ujar pejabat senior dalam pemerintahan Presiden Joe Biden yang berbicara dengan syarat anonim.

3. Inggris

Masih dari sumber yang sama, Inggris juga menutup pintu kedatangan dari Afrika, khususnya enam negara di wilayah selatan.

"Indikasi awal yang kami miliki tentang varian ini mungkin lebih menular daripada varian Delta, dan vaksin yang kami miliki saat ini mungkin kurang efektif untuk melawannya," kata Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.