Kompas.com - 29/11/2021, 08:35 WIB
Ilustrasi WHO. Shutterstock/AskarimIlustrasi WHO.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan varian B.1.1.529 sebagai variant of concern (VoC) pada Jumat (26/11/2021).

Penetapan Omicron sebagai varian yang jadi perhatian berdasarkan saran dari Kelompok Penasihat Teknis WHO tentang Evolusi Virus (TAG-VE).

TAG-VE menemukan bahwa Omicron memiliki beberapa mutasi yang mungkin berdampak pada perilakunya, seperti seberapa mudah virus itu menyebar atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.

Meski demikian, masih ada beberapa hal yang belum diketahui tentang varian ini.

Baca juga: Update Corona 29 November: Varian Omicron Terdeteksi di Kanada dan Australia

Hal yang sudah diketahui soal Omicron

Merangkum informasi dari laman resmi WHO, Minggu (28/11/2021), para peneliti di Afrika Selatan dan di seluruh dunia sedang melakukan penelitian untuk memahami banyak aspek tentang varian Omicron.

Bukti awal menunjukkan bahwa ada peningkatan risiko infeksi varian Omicron pada orang yang sebelumnya menderita Covid-19, tetapi informasinya terbatas.

WHO menyebutkan, informasi lebih lanjut tentang varian ini baru tersedia dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

Mereka sedang mengkaji terkait tingkat penularan, keparahan infeksi (termasuk gejala), kinerja vaksin dan tes diagnostik, serta efektivitas pengobatan.

Berikut beberapa temuan terkait varian Omicron:

1. Efektivitas vaksin

WHO bekerja sama dengan TAG-VE mencoba memahami dampak potensial dari varian ini pada tindakan pencegahan kami yang ada, termasuk vaksin.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.