Kompas.com - 28/11/2021, 17:03 WIB
Para pengguna komuter mengenakan masker wajah melindungi diri dari virus corona saat mereka tiba di stasiun transportasi umum Brandenburger Tor di Berlin, Jerman, Jumat (12/11/2021). Jerman memerangi gelombang keempat virus corona dengan jumlah infeksi yang tinggi dalam beberapa hari terakhir . AP PHOTO/MARKUS SCHREIBERPara pengguna komuter mengenakan masker wajah melindungi diri dari virus corona saat mereka tiba di stasiun transportasi umum Brandenburger Tor di Berlin, Jerman, Jumat (12/11/2021). Jerman memerangi gelombang keempat virus corona dengan jumlah infeksi yang tinggi dalam beberapa hari terakhir .

KOMPAS.com - Varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan kini menjadi ancaman baru bagi banyak negara.

Varian yang diketahui memiliki jumlah mutasi lebih banyak ketimbang varian Delta ini dikhawatirkan dapat kembali memperburuk situasi pandemi Covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, varian Omicron terbukti meningkatkan risiko infeksi ulang Covid-19 dibandingkan dengan varian-varian lainnya.

Oleh karena itu, WHO merekomendasikan seluruh negara untuk melakukan langkah-langkah mitigasi terhadap kemunculan varian Omicron.

Baca juga: Peringatan Epidemiolog soal Varian Baru Virus Corona B.1.1.529

Negara yang melaporkan varian Omicron

Varian Omicron diketahui sudah terdeteksi di beberapa negara di luar Afrika Selatan.

Berikut daftar negara yang telah melaporkan kemunculan varian Omicron di wilayahnya:

1. Varian Omicron terdeteksi di Belanda

Melansir BBC, Minggu (28/11/2021) otoritas kesehatan Belanda melaporkan, 61 orang yang tiba di Amsterdam dengan dua penerbangan dari Afrika Selatan dinyatakan positif Covid-19.

Mereka telah ditempatkan dalam isolasi di sebuah hotel dekat Bandara Schiphol.

Sebanyak 61 orang itu termasuk di antara sekitar 600 penumpang yang ditahan selama beberapa jam di bandara setelah kedatangan untuk dites virus.

Otoritas kesehatan Belanda mengatakan, varian Omicron kemungkinan ditemukan pada sejumlah orang yang dites positif.

Baca juga: Terus Bertambah, 4 Negara Sudah Laporkan Varian Covid-19 Omicron

2. Varian Omicron terdeteksi di Inggris

Ilustrasi varian baru virus corona ditemukan di Botswana, Afrika Selatan. Ilmuwan setempat memperingatkan varian baru Covid-19 yang disebut B.1.1.529 dapat menghindari kekebalan dan berpotensi meningkatkan penularan. Varian Omicron ini telah dilaporkan ke WHO, dan menunjukkan penyebaran sangat cepat di Afrika Selatan.SHUTTERSTOCK/Lightspring Ilustrasi varian baru virus corona ditemukan di Botswana, Afrika Selatan. Ilmuwan setempat memperingatkan varian baru Covid-19 yang disebut B.1.1.529 dapat menghindari kekebalan dan berpotensi meningkatkan penularan. Varian Omicron ini telah dilaporkan ke WHO, dan menunjukkan penyebaran sangat cepat di Afrika Selatan.

Diberitakan Kompas.com, Minggu (28/11/2021) Inggris mengumumkan dua kasus infeksi Covid-19 yang terkait dengan varian Omicron.

Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan, dua kasus tersebut terkait dengan perjalanan ke Afrika Selatan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.