Kompas.com - 28/11/2021, 14:05 WIB
Ketika bersin, ada beberapa reaksi tubuh yang terjadi secara otomatis, salah satunya adalah perubahan ritme jantung. Ketika bersin, ada beberapa reaksi tubuh yang terjadi secara otomatis, salah satunya adalah perubahan ritme jantung.

KOMPAS.com - Jantung berhenti berdetak selama beberapa detik ketika kita bersin, ini mitos ataukah fakta?

Bersin sendiri adalah mekanisme tubuh untuk mengusir partikel debu, kotoran dan serbuk sari tanaman yang masuk ke dalam saluran pernapasan kita. 

Ketika bersin akan ada beberapa reaksi tubuh yang bekerja. Mata kita akan terpejam dan detak jantung seakan melompat. 

Beberapa orang meyakini lonjakan detak jantung itu terjadi akibat jantung sempat berhenti detaknya selama beberapa detik ketika kita tengah bersin.

Benarkah itu yang terjadi?

Yang terjadi pada tubuh ketika bersin

Melansir dari Healhtline, jantung yang berhenti berdetak selama bersin adalah mitos semata. Sinyal elektrik yang mengontrol detak jantung tak dipengaruhi oleh perubahan motorik ketika kita bersin.

Yang terjadi ketika kita bersin adalah ritme jantung menjadi sedikit terlambat karena sinyalnya pun terlambat datang. Jadi jantung tetap berdetak ketika bersin, hanya saja mengalami perubahan ritme.

Ilustrasi bersinDOK. Shutterstock Ilustrasi bersin
Ketika kita bersin, ada beberapa proses yang terjadi di dalam tubuh. Pertama, sebelum kita bersin, kita pasti akan menghela napas sangat panjang dengan memasukkan udara sebanyak-banyaknya ke dalam paru.

Proses ini akan menyebabkan tekanan berlebih pada dada sehingga menyebabkan aliran darah menuju jantung sedikit melambat. Di fase ini, tekanan darah akan turun namun meningkatkan jumlah detak jantung per menitnya.

Kedua, tenggorokan pun akan menutup. Itulah sebabnya, ketika akan bersin kita merasakan sensasi bahwa tenggorokan seakan tertutup sesuatu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.