Kompas.com - 28/11/2021, 12:12 WIB
Suryadi atau akrab disapa Pak Raden di masa hidup saat menulis sebuah kartu pos yang akan ditujukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di pusat perbelanjaan kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (21/4/2012). TRIBUNNEWS / DANY PERMANASuryadi atau akrab disapa Pak Raden di masa hidup saat menulis sebuah kartu pos yang akan ditujukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di pusat perbelanjaan kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (21/4/2012).

KOMPAS.com - Hari Dongeng Nasional diperingati setiap 28 November, bertepatan dengan hari lahir legenda dongeng Indonesia, Drs Suyadi, atau yang biasa dikenal dengan nama Pak Raden.

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kemdikbud.go.id, 28 November 2015, kecintaan Pak Raden pada dunia anak-anak, cerita, dan lagu, telah menginspirasi banyak orang.

Karya-karyanya telah menjadi teman masa kecil bagi generasi bangsa.

Baca juga: Fenomena Anak Gugat Orang Tua, Mengapa Bisa Terjadi?

Hingga akhir hayatnya, Pak Raden terus berpartisipasi, berkontribusi, dan berjuang dalam menghadirkan dongeng di tengah masyarakat.

Saat itu, para pegiat dongeng yang berkumpul dalam sebuah Forum Dongeng Nasional, meyakini bahwa sudah saatnya dongeng perlu mendapatkan perhatian yang lebih besar dari seluruh masyarakat Indonesia.

Sebuah hari peringatan dirasakan dapat berfungsi sebagai pengingat atas kebaikan yang dongeng bawa dalam kehidupan masyarakat.

Hari ulang tahun Pak Raden dirasa sangat tepat untuk disandingkan dengan dongeng, karena seluruh hidupnya pun memang tidak pernah lepas dari dunia hikayat.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pesawat Ethiopian Airlines Dibajak dan Jatuh di Samudra Hindia karena Kehabisan Bahan Bakar, 125 Orang Tewas

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.