Kompas.com - 28/11/2021, 11:30 WIB
Susu segar bisa digunakan untuk meredakan gejala-gejala asam lambung. Unsplash/Mae MuSusu segar bisa digunakan untuk meredakan gejala-gejala asam lambung.

KOMPAS.comAsam lambung bisa diredakan dengan berbagai macam bahan makanan dan minuman yang aman untuk tubuh. 

Banyak orang memilih mengonsumsi obat-obatan antasida untuk meredakan asam lambungnya. Namun kebanyakan obat antasida juga kurang baik untuk lambung.

Jadi ketika lambung kebanyakan zat asam, lebih baik Anda beralih ke pengobatan alami yang tidak mengandung obat-obatan kimia.

Salah satu yang dipercaya efektif meredakan asam lambung adalah segelas susu dingin. Menurut penelitian, susu dingin efektif meredakan kelebihan zat asam di saluran cerna.

Kalsium dan protein di dalam susu sapi dipercaya bisa meredakan heartburnMeski ada pula beberapa pihak yang menyatakan bahwa susu sapi bisa memperparah gangguan asam lambung yang ada.

Benarkah susu dingin bisa meringankan asam lambung?

Baca juga: Ini Manfaat Mencampur Susu ke Dalam Teh

Khasiat susu untuk saluran cerna

Melansir Healthlinekalsium karbonat adalah sumber kebutuhan kalsium dalam tubuh. Selain itu, kalsium juga bisa bekerja sebagai properti antasid karena memiliki efek menetralkan zat asam.

Kalsium di dalam susu bisa digunakan menetralkan asam di saluran cerna.SHUTTERSTOCK/Chatham172 Kalsium di dalam susu bisa digunakan menetralkan asam di saluran cerna.
Karena susu tinggi akan kalsium, maka susu diklaim memiliki kemampuan menetralkan asam lambung dengan efektif.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 11690 orang ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kalsium dalam susu dalam takaran rutin, memiliki risiko kecil terkena asam lambung.

Selain menetralkan asam, susu juga mineral penting yang bisa menguatkan otot. Dalam gangguan asam lambung, otot terbawah dari esofagus mengalami kelemahan, sehingga carian dari saluran cerna bisa mudah mengalir kembali ke kerongkongan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.