Hari Ini dalam Sejarah: 28 November 1582, Pernikahan William Shakespeare dan Anne Hathaway

Kompas.com - 28/11/2021, 09:32 WIB
Lukisan wajah William Shakespeare karya John Taylor pada 1610. ENCYCLOPEDIA BRITANNICA/ THE NATIONAL PORTRAIT GALLERYLukisan wajah William Shakespeare karya John Taylor pada 1610.

KOMPAS.com - Hari ini 439 tahun lalu, tepatnya 28 November 1582, William Shakespeare yang saat itu berusia 18 tahun, menikah dengan Anne Hathaway (26).

William membayar jaminan sebesar 40 pound untuk memperoleh surat nikahnya di Stratford-upon-Avon, salah satu kota di Inggris. 

Dilansir dari situs resmi Shakespeare, saat itu usia rata-rata orang menikah adalah 26 tahun.

Oleh karena itu, Anne sudah memenuhi syarat sebagai orang yang akan menikah.

Namun, di mata hukum, William Shakespeare masih di bawah umur dan membutuhkan izin dari ayah Anne untuk menikahi Anne.

Pernikahan dini Shakespeare juga berarti bahwa dia tidak akan bisa menyelesaikan masa belajar (sebagai magang) secara hukum.

Karena Anne sedang mengandung anak pertama mereka dan menghindari skandal seputar kehamilan Anne, William mempercepat proses dengan mengajukan permohonan ke Bishop's Court di Worcester.

Lisensi ini juga mengizinkan pernikahan untuk dilakukan di luar paroki yang memungkinkan William dan Anne menikah di luar Stratford-upon-Avon.

Pihak Stratford kemudian menyimpan dokumen di keuskupan Worcester, dan dua dokumen bertahan di arsip keuskupan untuk menetapkan pernikahan itu dilakukan pada November 1582.

Tetapi, tidak ada dokumen yang menyebutkan di paroki mana William dan Anne menikah.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.