Kompas.com - 27/11/2021, 11:30 WIB
Molnupiravir menargetkan enzim yang digunakan virus corona untuk mereproduksi dirinya sendiri. REUTERS/MERCK & CO via ABC INDONESIAMolnupiravir menargetkan enzim yang digunakan virus corona untuk mereproduksi dirinya sendiri.

KOMPAS.com - Pil Covid-19 Molnupiravir mulai dilirik berbagai negara, termasuk Indonesia.

Molnupiravir adalah obat antivirus pertama yang diminum yang disetujui untuk digunakan melawan Covid-19 oleh pemerintah Inggris pada 4 November 2021.

Pil ini dikembangkan oleh perusahaan farmasi Ridgeback Biotherapeutics dan Merck, Sharp and Dohme (MSD).

Lantas, bagaimanakah cara kerja pil ini sehingga disebut bisa mengobati gejala Covid-19?

Baca juga: Pemerintah Akan Beli 1 Juta Pil Molnupiravir, Bagaimana Efektivitasnya?

Cara kerja obat Molnupiravir

Dilansir dari Science Focus, 10 November 2021, Molnupiravir bekerja dengan mengganggu reproduksi virus SARS-CoV-2.

Begitu virus masuk ke dalam sel-sel tubuh, dia mereplikasi genom yang tidak terbuat dari DNA tetapi RNA (asam ribonukleat).

Genom yang direplikasi ini kemudian dibentuk menjadi partikel virus lengkap yang keluar dari sel dan terus menyebar ke seluruh tubuh.

Namun, molekul Molnupiravir diserap oleh sel yang terinfeksi virus, di mana mereka diubah menjadi versi rusak dari blok bangunan RNA.

Jadi, ketika virus mencoba untuk bereplikasi, partikel virus yang dihasilkan memiliki materi genetik yang rusak dan tidak dapat lagi bereproduksi. Ini berarti viral load perlu tetap rendah, yang mengurangi risiko penyakit serius.

Karena Molnupiravir menargetkan RNA yang ditunggangi SARS-CoV-2 sebagai bahan penyusunnya, Molnupiravir sama efektifnya terhadap semua varian virus corona.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.