Kompas.com - 27/11/2021, 10:05 WIB
Warga mengakses laman www.smexpo.pertamina.com menggunakan gawainya untuk berbelanja produk UMKM  di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Ajang pameran virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2021 resmi dibuka berbarengan dengan peresmian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimnatan Timur (Gernas BBI Kaltim). YULIUS SATRIA WIJAYAWarga mengakses laman www.smexpo.pertamina.com menggunakan gawainya untuk berbelanja produk UMKM di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Ajang pameran virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2021 resmi dibuka berbarengan dengan peresmian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimnatan Timur (Gernas BBI Kaltim).

KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) meluncurkan laman UKM nasional bernama Small and Medium Enterprises Station atau SMEsta.

Laman ini menghimpun berbagai informasi terkait UKM dalam satu portal yang bisa diakses di laman SMEsta.id, yang diarahkan langsung ke alamat https://smesta.kemenkopukm.go.id/.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa laman ini merupakan hasil kerja sama antara Kedutaan German melalui ASEAN SMEs GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

"Launching SMEsta ini diharapkan membuka pangsa pasar baru bagi UKM ekspor. Sehingga ini menjadi bagian dari kenaikan target ekspor hingga 17 persen di 2024 bisa tercapai,” ujar Teten melalui rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Begini Aturan Pajak bagi UMKM atau Pengusaha Olshop

Lantas, apa saja fungsi dari laman SMEsta?

Tujuan/fungsi portal UKM Nasional

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, tujuan atau fungsi dari portal UKM Nasional adalah menyediakan informasi seputar UKM.

Informasi yang tersedia, antara lain:

  • Prosedur pendaftaran usaha
  • Perizinan dan standarisasi
  • Sertifikasi
  • Pelatihan UKM
  • Akses pasar
  • Pembiayaan (baik dari pemerintah, KUR, fintech, dan lainnya).

Laman ini juga mendukung verifikasi dan validasi informasi UKM ekspor dan Mitra UKM pendukung ekspor. Sehingga memudahkan UKM dalam negeri untuk mencari peluang ekspor.

Baca juga: 5 Penyebab Harga Minyak Goreng Masih Mahal

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.