Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 5 Gangguan Tidur pada Lansia dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 25/11/2021, 15:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Gangguan tidur juga bisa mengenai lanjut usia atau lansia, yang jika dibiarkan bisa sangat mengganggu kesehatan tubuh yang sudah renta.

Jika gangguan tidur pada usia produktif disebabkan oleh stres atau pola hidup tak sehat, gangguan tidur pada lansia berkaitan erat dengan proses penuaan.

Lansia biasa mengalami perubahan waktu tidur karena ritme sirkadian mereka yang juga berubah seiring penuaan yang terjadi. Waktu tidur ini bisa semakin panjang atau malah semakin pendek.

Ritme sirkadian adalah irama tubuh dalam mengatur kapan tubuh kelaparan dan butuh makanan, kapan tubuh harus melepas hormon tertentu, dan kapan tubuh butuh tidur. 

Ketika seseorang menua, akan ada perubahan pada jumlah suprachiasmatic nucleus (SCN). Kemerotostan jumlah sel inilah yang akan merusak ritme sirkadian tubuh.

Baca juga: Hati-hati, Ini Efek Kebanyakan Tidur bagi Para Lansia

Berbagai gangguan tidur pada lansia

Gangguan tidur juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan fisik atau mental seseorang. Padahal menurut Sleep Foundation, usia 65 tahun ke atas rata-rata memiliki empat atau lebih gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan pada lansia ini menuntut mereka untuk rutin mengonsumsi obat-obatan. Nah beberapa obat-obatan medis, juga bisa menimbulkan gangguan tidur.

Berikut ini adalah gangguan tidur yang sering muncul di usia tua, yang disebabkan karena faktor-faktor di atas:

1. Sudah tidur karena terdera nyeri

Nyeri pada persendian dan tulang bisa membuat lansia susah tidur. Terkadang nyeri pada tulang ini akan menjadi parah di malam hari dan membuat tidur jadi tak nyaman.

2. Sering buang air kecil di malam hari

Ilustrasi sering buang air kecil yang sering menyerang usia lanjut.SHUTTERSTOCK Ilustrasi sering buang air kecil yang sering menyerang usia lanjut.
Gangguan yang disebut nokturia ini berupa gangguan sering pipis atau buang air kecil di malam hari.

Hampir 80 persen usia tua di atas 60 tahun mengalami gangguan kesehatan ini. Nokturia membuat kualitas tidur malam jadi terganggu karena seseorang terpaksa terbangun beberapa kali karena kandung kemihnya sudah penuh.

Baca juga: Tips Tidur Nyenyak untuk Para Lansia

3. Insomnia

Insomnia pada lansia bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari stres, kurangnya aktivitas fisik, hingga efek mengonsumsi obat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com