Kompas.com - 22/11/2021, 13:00 WIB
Presiden John F Kennedy bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istrinya Nellie Connally berkendara bersama di dalam Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy. 


Daily MailPresiden John F Kennedy bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istrinya Nellie Connally berkendara bersama di dalam Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy.

KOMPAS.com - Hari ini dalam sejarah, tepatnya 22 November 1963, Presiden Amerika Serikat (AS) John F. Kennedy (JFK) tewas ditembak.

Presiden ke-35 AS itu menjadi satu dari beberapa penumpang dalam iring-iringan mobil lewat Dealey Plaza di pusat kota Dallas Texas.

Pada musim gugur 1963, JFK dan para penasihat politiknya tengah mempersiapkan kampanye pemilihan presiden periode berikutnya.

Meski belum resmi mengumumkan pencalonannya, terlihat jelas JFK akan kembali mencalonkan diri dan yakin atas peluangnya untuk terpilih lagi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: John F Kennedy Terpilih sebagai Presiden Termuda AS

Kronologi kejadian

Melansir Jfklibrary.org, pada akhir September 1963, John melakukan perjalanan ke barat untuk berbicara di sembilan negara bagian selama kurang dari seminggu.

Perjalanan tersebut menyoroti sumber daya alam dan upaya konservasi, serta menyuarakan tema pendidikan, keamanan nasional, dan perdamaian dunia.

Pada 21 November 1963, Kennedy dan istrinya berangkat dengan Air Force One untuk melaksanakan tur selama dua hari di lima kota di Texas.

Hujan gerimis turun pada 22 November 1963 pagi hari, tapi ribuan orang berdiri di tempat parkir di luar Hotel Texas yang digunakan sebagai tempat keluarga Kennedy bermalam.

Presiden termuda AS yang menjabat sejak Januari 1961 ini, beserta istrinya memberikan pernyataan singkat.

Kehangatan respons penonton begitu terasa saat Kennedy mengulurkan tangan untuk berjabat tangan di tengah lautan wajah yang tersenyum.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.