Kompas.com - 20/11/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Kucing bisa dilatih untuk disiplin dan menuruti beberapa perintah kita asal kita tahu cara yang benar untuk melatihnya.

Anda pasti sering melihat video seekor kucing yang menurut saja dibonceng sepeda motor diajak berkeliling jalan raya atau kucing yang diam saja ketika dimandikan dan dicuci bulu-bulunya.

Nah kucing yang menurut seperti itu, tidak terjadi secara instan. Alias harus dilatih dan dibiasakan semenjak mereka kecil.

Kucing yang tak didisiplinkan semenjak kecil biasanya akan memiliki tingkah laku yang merusak dan merugikan.

Seperti mencuri lauk-pauk di meja makan, naik ke atas lemari pendingin, menggigit kabel, kencing di sembarang tempat, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tubuh Kucing Bau Tak Enak? Ini Beberapa Penyebabnya

Cara melatih kucing

Kucing adalah binatang cerdas yang memiliki ingatan bagus, hampir sama dengan anjing.

Peneliti menyatakan bahwa kucing memiliki ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang sehingga mungkin untuk dilatih dan didisplinkan.

Gunakan hadiah berupa makanan, perhatian atau mainan untuk melatih kucing secara rutin.PIXABAY/MA-XIAO-TAO Gunakan hadiah berupa makanan, perhatian atau mainan untuk melatih kucing secara rutin.
Melansir dari The Spruce Pets, kucing juga seperti manusia yang akan mengingat motivasi-motivasi positif yang diterimanya, baik itu berupa mainan, makanan atau perhatian seperti belaian.

Jadi pilih salah satu dari ketiganya atau Anda bisa memberikan ketiganya sekaligus, untuk memberikan dorongan positif kepada kucing atau untuk membuat kucing mau melakukan apa yang Anda perintahkan. 

Semisal Anda melatih kucing untuk makan di mangkuk khusus milik mereka. Ketika mereka mau melakukannnya, maka Anda bisa memberi reward berupa kudapan favorit mereka.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.