Kompas.com - 20/11/2021, 11:30 WIB
Garam adalah mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun jika tubuh selalu menuntut garam, Anda harus mulai waspada. Unsplash/Emmy SmithGaram adalah mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun jika tubuh selalu menuntut garam, Anda harus mulai waspada.

KOMPAS.com - Jika tubuh selalu menuntut makanan asin alias menuntut garam, maka Anda sudah seharusnya waspada.

Garam adalah bumbu dapur penting yang digunakan memberi rasa asin dan melengkapi kebutuhan mineral tubuh. 

Garam adalah mineral yang terdiri dari dua unsur penting yaitu natrium dan klorin. Senyawa ini adalah properti yang dibutuhkan tubuh.

Garam bermanfaat mencegah terjadinya tekanan darah rendah, menjaga produksi hormon tiroid, memelihara keseimbangan cairan tubuh, mengontrol kerja otot, juga memelihara fungsi organ tubuh.

Berdasarkan American Heart Association, saran pengonsumsian garam untuk dewasa hanya sekitar 1500 hingga 2400 mg atau setara dengan satu sendok teh saja per hari.

Jika lebih dari itu, Anda bisa berisiko terkena tekanan darah tinggi. Namun jika kurang dari itu, ada efek negatif pula yang menggangu kesehatan tubuh Anda.

Baca juga: 10 Kegunaan Garam Selain untuk Memasak

Penyebab tubuh menuntut garam berlebih

Ketika tubuh tiba-tiba menuntut asupan garam, seperti menginginkan makanan yang serba asin, bisa jadi ada gangguan kesehatan yang butuh penanganan yang sesuai.

Berikut ini penyebab mengapa tubuh menuntut asupan garam berlebih:

1. Dehidrasi

Melansir Healthline, tubuh butuh komposisi cairan dalam level tertentu untuk bisa berfungsi dengan benar. Ketika cairan berada di bawah level normal, tubuh bisa menuntut asupan garam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.