Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Supersaurus Dinobatkan sebagai Dinosaurus Terpanjang di Dunia...

Kompas.com - 19/11/2021, 20:50 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Supersaurus, salah satu spesies dinosaurus berjenis leher panjang dan ekor panjang, kini dinobatkan menjadi dinosaurus dengan ukuran tubuh terpanjang di dunia.

Melansir Business Insider, Kamis (18/11/2021) Supersaurus memiliki panjang tubuh 41 meter apabila diukur dari ujung hidung hingga ujung ekor.

Dengan ukuran tersebut, Supersaurus memiliki tubuh yang lebih panjang daripada tiga unit bus sekolah yang diparkir berurutan.

Fakta tersebut diketahui setelah Brian Curtice, seorang paleontologis dari Museum Sejarah Alam Arizona, selesai menganalisis tulang-belulang Supersaurus.

Baca juga: Dua Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di China, seperti Apa Persisnya?

Sempat disangka tiga dinosaurus berbeda

Curtice menganalisis kumpulan tulang raksasa dari Dry Mesa Dinosaur Quarry, sebuah situs seluas 55 hektar di Colorado, Amerika Serikat.

Ia memastikan bahwa fosil-fosil tersebut pasti berasal dari Supersaurus, karena mereka cocok dengan ukuran dan struktur kerangka Supersaurus lainnya.

Sebelum analisis Curtice, seorang pekerja lapangan bernama Jim Jensen sempat mengategorikan tulang-tulang itu sebagai milik tiga Sauropoda (dinosaurus dengan leher dan ekor panjang) yang berbeda, yakni Supersaurus, Ultrasauros, dan Dystylosaurus.

Ketika memetakan tulang-tulang tersebut, Curtice menyadari bahwa lubang tempat fosil itu ditemukan berisi satu hewan besar, dan bukan beberapa ekor.

Baca juga: Selain Udang Asal Sulawesi, Ini 5 Hewan di Indonesia yang Terancam Punah

Supersaurus dibandingkan dengan dinosaurus pemakan daging Allosaurus
(Sean Fox/Gustavo Monroy/Fossil Crates) Supersaurus dibandingkan dengan dinosaurus pemakan daging Allosaurus

Curtice mengatakan, tulang-tulang terbesar semuanya ditemukan di tempat yang sama.

Menurutnya hal itu masuk akal, karena kebanyakan tulang Supersaurus akan terlalu berat untuk diangkat atau diterbangkan oleh angin.

Setelah melakukan pengukuran, Curtice menemukan bahwa Supersaurus memiliki tulang belikat dengan panjang sedikitnya 2,4 meter, panjang kaki lebih dari 3,6 meter, panjang leher setidaknya 15 meter, dan panjang ekor setidaknya 18 meter.

Meskipun penelitiannya masih menunggu ulasan dari akademisi lain, namun Curtice telah mempresentasikan penemuannya itu pada pertemuan tahunan Society of Vertebrate Paleontology yang digelar pada awal bulan ini.

Baca juga: Ribuan Burung Pipit Mendadak Mati hingga Ikan Berlompatan di Pinggir Pantai, Ada Apa?

Baca juga: Bagaimana Cara Gajah Tidur?

Terpanjang tapi bukan terberat

Fabien Knoll dan Lara Sciscio Perbandingan dinosaurus raksasa dengan manusia

Melansir Live Science, Senin (15/11/2021) Supersaurus mungkin dinosaurus terpanjang yang pernah tercatat, tetapi bukan yang terberat.

Gelar dinosaurus terberat dimiliki oleh Argentinosaurus, yang beratnya diperkirakan mencapai lebih dari 90 ton, atau hampir dua kali lipat berat Supersaurus.

Sementara itu, meski mendapat gelar sebagai dinosaurus terpanjang, namun Supersaurus bukan hewan terpanjang yang pernah tercatat.

Hewan terpanjang di dunia yang pernah tercatat adalah Siphonophore sepanjang 45 meter.

Siphonophore adalah makhluk tembus pandang dan berserabut yang, seperti koral, tersusun dari binatang-binatang liar yang lebih kecil.

Siphonophore hidup di ngarai bawah laut di lepas pantai Australia.

Baca juga: Mengapa Gajah Punya Belalai yang Panjang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com