Kompas.com - 14/11/2021, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Hari Diabetes Sedunia jatuh pada tanggal 14 November. Hari ini dicanangkan guna terus memberi peringatan dan edukasi kepada masyarakat dunia tentang bahayanya diabates.

Diabetes sendiri terbagi dua, yaitu diabates tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah kondisi kronis di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin sama sekali, biasanya penyakit ini terjadi karena adanya gangguan autoimun .

Sedangkan diabetes tipe 2, adalah kondisi di mana tubuh memproduksi insulin namun sel-sel tubuh tidak begitu sensitif terhadap hormon insulin yang ada.

Diebetes tipe 2 terjadi karena banyak faktor, beberapa di antaranya adalah karena faktor gaya hidup kurang aktif, pola makan tak seimbang, obesitas, juga pertambahan usia.

Baca juga: 7 Gejala Tak Lazim dari Diabetes

Cara mencegah diabetes tipe 2

Sebelum seseorang didiagnosis diabates, ia akan mengalami pra diabetes terlebih dahulu.

Yaitu kadar gula dalam darah sudah tinggi, namun belum terlalu tinggi untuk dikategorikan sebagai diabates.

Upaya pencegahan bisa dilakukan agar Anda tak dihampiri diabates tipe 2. Berikut ini adalah langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan:

1. Mengurangi konsumsi gula

Ilustrasi gula, cara gula diam-diam merusak tubuhShutterstock/Marcos Mesa Sam Wordley Ilustrasi gula, cara gula diam-diam merusak tubuh
Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan zat gula bisa meresikokan Anda terkena diabetes.

Melansir dari Healthline, tubuh akan otomatis merombak makanan-makanan mengandung zat gula menjadi molekul glukosa yang terserap aliran darah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.