[HOAKS] Prediksi Akan Ada Bencana Besar di Palopo

Kompas.com - 14/11/2021, 08:03 WIB
Hoaks, informasi yang menyebutkan prediksi akan ada bencana besar di Palopo. Akun FacebookHoaks, informasi yang menyebutkan prediksi akan ada bencana besar di Palopo.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan beredar di media sosial Facebook dan WhatsApp menginformasikan akan ada bencana besar di Palopo, Sulawesi Selatan.

Dalam unggahan itu, disebut ada tetua kampung meminta warga menjauh dari Palopo karena akan datang bencana besar di wilayah tersebut.

Dari konfirmasi yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Sementara, Kepala Stasiun Meteorologi Andi Jemma Masamba, Winarno Nurdianto, mengatakan, sejauh ini pihaknya memberi peringatan waspada terkait dampak La Nina.

Akan tetapi,  tidak ada peringatan khusus untuk menjauh dari wilayah Palopo.

Narasi yang beredar

Informasi yang menyebut bahwa akan ada bencana besar di Palopo, disebarkan di Facebook oleh akun ini, ini, dan ini.

Mereka menyebarkan tangkapan layar dari pesan WhatsApp.

Dari tangkapan layar tersebut, terlihat pesan ini diteruskan berkali-kali dan meminta pembacanya untuk segera meninggalkan Palopo.

Berikut narasi lengkapnya:

Gess... Ada barusan cerita ku dengar dari kampung ku, di batu.. Ada tetua (orang tua kampung).. Entah itu mimpi atau tidak, tapi nyata. Nabilang toh, na tanya itu org di kampung. Ke den keluarga mi dio palopo, sua jolo male torroan to kampong na,.. Suruh menjauh dari palopo maksudnya.., karena bakalan ada bencana besar yg akan datang.. Tapi wallahu a'lam bisshowab.. Kita hanya manusia biasa.. Dan ini cerita toh, mirip sama yg terjadi di masamba pernah sebelum bencana.. Ada org di rasuki.. Nabilang tinggalkan ini masamba karena ada bencana besar mau datang.. Tapi kek tdk ada yg peduli.. Karena na kira akal2an ji..
Tapi alhasil, kan sdh terjadi..
Jadi toh, merinding ka dengar ini waktu menelpon keluarga ku dari bawa.. Karena palopo kata nanti paling besar bencana nya.

Tangkapan layar unggahan hoaks akan ada bencana besar di Palopo, yang beredar di WhatsApp dan Facebook.Facebook Tangkapan layar unggahan hoaks akan ada bencana besar di Palopo, yang beredar di WhatsApp dan Facebook.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.