Kompas.com - 11/11/2021, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Curah hujan sudah mulai tinggi di beberapa daerah di nusantara. Bagi banyak petani dan pecinta tanaman, hujan adalah berkah tersendiri.

Namun layaknya hal-hal baik lainnya, jika datang dan dikonsumsi dalam porsi terlalu berlebihan, bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian.

Ketika tanah dan tanaman tergenang banyak air hujan, maka akan timbul berbagai masalah yang membuat pusing petani dan pecinta tanaman.

Akar tanaman yang selalu tergenang air akan rawan rusak dan membusuk. Daun dan dahan yang selalu lembab dan basah, juga membuka risiko tumbuhnya bakteri dan jamur yang akan merusak tumbuh kembang tanaman.

Jadi di musim penghujan, para pecinta tanaman harus lebih berhati-hati dalam meletakkan dan merawat anak-anak hijau daunnya.

Baca juga: Menanam dan Merawat Tanaman di Musim Penghujan

Penyakit tanaman di musim penghujan

Melansir dari Gardening Kwow Howberikut ini adalah penyakit-penyakit tanaman yang biasanya muncul di musim penghujan:

1. Antraknosa

Dedaunan akan menguning jika tanaman tumbuh tak sehat.Unsplash/Mariam Soliman Dedaunan akan menguning jika tanaman tumbuh tak sehat.
Jamur antraknosa biasanya menyebar cepat di musim penghujan. Dimulai dari batang paling rendah dan naik menyebar hingga ke ujung-ujung daun. Gejala utamanya berupa bercak bulat memanjang berwarna hitam yang merusak daun juga buah.

Penyakit ini banyak ditemukan pada berbagai jenis pohon dan semak. Untuk menghalau penyakit ini, Anda bisa menyemprotkan cairan anti jamur. Juga mengambil batang dan daun yang sekiranya sudah terinfeksi jamur agak infeksi tak makin meluas. 

2. Embun tepung

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.