Kompas.com - 11/11/2021, 13:05 WIB
Deretan kampus terbaik dunia di bidang humaniora versi Times Higher Education (THE) Deretan kampus terbaik dunia di bidang humaniora versi Times Higher Education (THE)

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) pada awal bulan ini merilis daftar kampus terbaik dunia 2022 di bidang humaniora.

Meski penilaian dilakukan di bidang humaniora, sejumlah kampus berbasis teknologi mencatatkan nama mereka dalam daftar universitas terbaik.

Bahkan, dari 35 kampus yang dikategorikan oleh THE sebagai "penantang teknologi" dan masuk dalam peringkat bidang humaniora, 22 di antaranya telah meningkatkan skor mereka dibandingkan tahun sebelumnya.

Stanford University menduduki peringkat pertama, disusul oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan University of Cambridge.

Sementara itu, Peking University, China, mencatatkan namanya sebagai yang terbaik di Asia dan menempati peringkat 23 dunia.

Kemudian, disusul University of Hong Kong di peringkat 32 dunia.

Baca juga: Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Versi The WUR

Ada 8 kampus di Asia Tenggara yang masuk daftar terbaik

Dari 606 daftar kampus terbaik dunia di bidang humaniora, tercatat hanya ada 8 kampus Asia Tenggara yang masuk daftar itu.

Dua kampus Singapura menduduki peringkat yang tertinggi di Asia Tenggara bidang humaniora, yaitu Nasional University dan Nanyang Technologi University.

Universitas Indonesia menjadi satu-satunya kampus dalam negeri yang masuk ke dalam daftar itu di peringkat 5 Asia Tenggara atau 301-300 dunia.

Berikut daftar 8 kampus terbaik Asia Tenggara 2022 di bidang Humaniora versi THE:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.