Kompas.com - 08/11/2021, 13:45 WIB
Jet tempur Eurofighter Typhoon (kiri) dan Dassault Rafale saat dipamerkan di ajang ILA Berlin International Aerospace Exhibition di Bandara Schoenefeld, pada 26 April 2018. AFP / JOHN MACDOUGALLJet tempur Eurofighter Typhoon (kiri) dan Dassault Rafale saat dipamerkan di ajang ILA Berlin International Aerospace Exhibition di Bandara Schoenefeld, pada 26 April 2018.

KOMPAS.com - Indonesia tertarik untuk membeli jet tempur Dassault Rafale buatan negara Perancis.

Duta Besar Perancis untuk Indonesia Olivier Chambard menegaskan, Perancis siap mendukung penguatan militer Indonesia. Pihaknya juga mengaku tak sembarang memilih negara untuk menjual senjata atau alutsistanya.

Sebab, negara yang dipilih harus memiliki visi bersama dan mampu menjalin kemitraan strategis bersama. Indonesia, kata Chambard, memiliki visi itu.

"Kami menawarkan yang terbaik, efisien, dan independen," kata Chambard, dikutip dari Kompas.id, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Indonesia Disebut Berminat Beli 48 Jet Tempur Dassault Rafale

Spesifikasi jet tempur Rafale

Spesifikasi dan kehebatan Jet Tempur Rafale buatan Perancis yang dilirik Indonesia. Proposal sedang dijajaki keduanya. HARIAN KOMPAS/INFOGRAFIK GUNAWAN Spesifikasi dan kehebatan Jet Tempur Rafale buatan Perancis yang dilirik Indonesia. Proposal sedang dijajaki keduanya.

Tercatat, sejumlah negara telah menggunakan jet tempur Rafale di antaranya Perancis, Mesir, Qatar, dan India.

Pesawat tempur buatan Dassault Aviation ini mampu melakukan serangan darat dan laut, pengintaian, serangan akurasi tinggi, serta pencegahan serangan nuklir.

Melansir Air Force Technology, Rafale memiliki kokpit yang dilengkapi dengan hands-on throttle and stick control (HOTAS).

Ukuran dan harga pesawat Rafale

Pesawat jet tempur Rafale memiliki rentang sayap selebar 10,90 meter dan panjang pesawat 15,30 meter, dan tinggi 5,30 meter. 

Rafale mampu melaju dengan kecepatan maksimal 1,8 march atau 750 knot. Ketinggian maksimal hingga 15, 24 kilometer. 

Sementara radius tempurnya 1.850 km dan daya jelajahnya 3.700 km. 

Dengan bobot lepas landas mencapai 24, 5 ton, Rafale mampu memuat bahan bakar sebanyak 4,7 ton internal dan 6,7 ton eksternal.

Selain itu, ongkos terbang Rafale per jam sekitar 16.500 dollar AS atau sekitar Rp 234,3 juta. Sedangkan harga Rafale per unitnya 115 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,63 triliun. 

Baca juga: KSAU Sebut RI Bakal Beli Pesawat Tempur F-15 EX hingga Dassault Rafale

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.