Kompas.com - 07/11/2021, 16:00 WIB
Bubuk kopi dan daun teh juga bisa digunakan menyedapkan olahan sayur dan lauk pauk. freepik.com/ senivpetroBubuk kopi dan daun teh juga bisa digunakan menyedapkan olahan sayur dan lauk pauk.

KOMPAS.com - Bubuk kopi dan daun serta ranting tanaman teh yang sudah kering tak hanya bisa diseduh untuk dijadikan minuman penghangat tubuh saja.

Kandungan istimewa di dalam bubuk kopi dan daun teh ternyata juga bisa digunakan mematangkan dan menyedapkan sajian.

Resep rahasia ini telah digunakan oleh beberapa penduduk dunia. Bubuk kopi dan daun teh dimanfaatkan untuk menyedapkan daging, mengolah sup, juga membuat kue lebih lembut dengan citarasa yang lebih menggoda.

Melansir dari Times of Indiakopi memiliki rasa yang kuat dan citarasa pahit yang khas yang bisa menyedapkan sajian bercitarasa sangat manis.

Sedangkan teh, memiliki aroma dan rasa yang lebih netral namun memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi. Karena hal inilah, daun teh sudah ratusan tahun digunakan sebagai campuran sup, atau diambil sarinya untuk digunakan merendam bahan makanan.

Baca juga: Agar Tak Terjadi Freezer Burn, Ini Cara Tepat Membekukan Daging

Resep rahasia menggunakan bubuk kopi

Senyawa dalam kopi bisa digunakan untuk mengeluarkan citarasa dan aroma daging lebih maksimal.PEXELS/DOMINICA ROSECLAY Senyawa dalam kopi bisa digunakan untuk mengeluarkan citarasa dan aroma daging lebih maksimal.
Bubuk kopi dan daun teh tak hanya milik barista. Kedua sumber antioksidan alami ini juga milik para chef.

Berikut ini beberapa manfaat bubuk kopi untuk mematangkan dan menyedapkan sajian:

1. Menyedapkan sajian daging

Bubuk kopi sendiri bisa digunakan melunakkan daging dan menyedapkan panggangan daging sapi atau daging ayam.

Mengutip dari Reader's Digest, menambahkan sejumput bubuk kopi ke dalam campuran bahan rendaman daging bisa memancing aroma daging keluar lebih maksimal.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.