Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah di Balik Lagu "November Rain" Karya Guns N' Roses

Kompas.com - 07/11/2021, 09:04 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lebih dari tiga dekade telah berlalu sejak lagu November Rain dari band rock Guns N' Roses (GNR) dirilis ke publik pada September 1991.

Hadir dengan permainan piano dingin dan vokal emosional dari sang vokalis Axl Rose, iringan orkestra, serta permainan gitar yang epik oleh Slash, November Rain bisa disebut sebagai salah satu lagu terbaik-jika bukan masterpiece-yang pernah ditelurkan GNR untuk dunia.

Pada 14 Juli 2021, video klip November Rain berdurasi 9 menit 16 detik yang diunggah di platform YouTube pada 2009, resmi mendapatkan 1 miliar views.

Pencapaian ini menunjukkan beberapa hal sekaligus, yaitu eksistensi Guns N' Roses yang melampaui zamannya, dan buah manis dari proyek ambisius November Rain yang ingin diwujudkan oleh Axl Rose.

November Rain dan ambisi Axl Rose

Axl Rose, vokalis Guns N' Roses, tampil dalam konser band hard rock dari AS itu di Bangalore, India, 7 Desember 2012.AFP PHOTO/MANJUNATH KIRAN Axl Rose, vokalis Guns N' Roses, tampil dalam konser band hard rock dari AS itu di Bangalore, India, 7 Desember 2012.
Melansir UCR, November Rain merupakan puncak dari visi yang ingin digapai Guns N' Roses, khususnya Axl Rose, dalam album kedua mereka, Use Your Illusion I.

"Axl ingin membawa band ini ke level stadium, dan ia tahu kami bisa mencapai hal itu dengan lagu yang epik serta video klip megah yang melampaui bayangan," kata Matt Sorum, drummer yang bergabung dengan GNR pada 1990 dalam memoarnya.

Sementara itu, Slash, dalam otobiografinya tahun 2008, menyebutkan, November Rain merupakan buah dari kecemerlangan Axl Rose.

"Apa yang ia (Rose) capai pada akhirnya benar-benar menakjubkan. Aku tidak tahu apakah itu merepresentasikan Guns seperti yang kubayangkan, tapi (lagu) itu walau bagaimana pun terdengar luar biasa," kata Slash.

Meski baru dirilis dalam album Use Your Illusion I pada September 1991, namun penggarapan November Rain sesungguhnya telah dimulai sejak beberapa tahun sebelumnya.

Tracii Guns, yang pernah bermain bersama Rose di band L.A. Guns menyebutkan, ia pernah mendengar Rose memainkan intro piano dari November Rain pada 1983.

Ketika itu, Guns mengatakan kepada Rose bahwa suatu saat lagu tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat keren.

GNR kemudian mulai mengerjakan lagu itu pada Juni 1986, ketika sedang merekam demo bersama gitaris Nazareth, Manny Charlton, di Sound City Studio, Hollywood.

Charlton masih ingat bahwa Rose pernah berkata kepadanya bahwa ia berencana menyimpan November Rain untuk album kedua GNR.

"Aku menyimpan yang satu ini untuk album kedua," demikian Charlton mengulang pernyataan Rose pada saat itu.

Dalam memoarnya, Slash mencatat bahwa versi November Rain yang tengah dikerjakan saat itu berdurasi hingga 18 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com