Kompas.com - 06/11/2021, 08:30 WIB
NAIK KERETA—Beberapa calon penumpang naik kereta api di Stasiun Madiun, Minggu (31/10/2021). KOMPAS.COM/Dokumentasi KAI Daop 7 MadiunNAIK KERETA—Beberapa calon penumpang naik kereta api di Stasiun Madiun, Minggu (31/10/2021).

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) membagikan voucher tiket KA jarak jauh secara cuma-cuma kepada tenaga kesehatan, guru, dan veteran dalam rangka menyambut Hari Pahlawan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI menyediakan 11.000 voucher tiket KA jarak jauh yang dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8-30 November 2021.

Joni menyebutkan, program tersebut merupakan bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat baik pada masa pandemi maupun masa kemerdekaan.

Program ini merupakan kelanjutan dari program serupa pada 2020. Tahun lalu, KAI membagikan 10.000 voucher tiket KA kepada guru dan tenaga kesehatan.

Berkat antusiasme masyarakat yang tinggi, pada 2021 KAI menambah jumlah voucher yang disediakan serta menambah veteran sebagai salah satu pihak yang berhak mendapatkan voucher tiket kereta.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Joni dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: Mulai Berlaku, Syarat Perjalanan KA Jarak Jauh Cukup Pakai Antigen

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kereta Api Kita (@keretaapikita)

Baca juga: Tidak Perlu PCR, Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api Jarak Jauh

Bagaimana cara mendapatkan voucher tiket gratis?

  1. Guru, tenaga kesehatan, dan veteran datang ke loket atau customer service di 12 Stasiun, yaitu Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati, dan Tanjung Karang 
  2. Berprofesi sebagai tenaga kesehatan (bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi dan driver ambulans) dari klinik, puskesmas atau rumah sakit kecuali dokter
  3. Menunjukkan bukti identitas asli dan menyerahkan fotokopi bukti identitas/surat keterangan yang menyatakan profesi sebagai guru, tenaga kesehatan, dan veteran
  4. Khusus anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), pengambilan voucher dapat diwakilkan, dengan tetap wajib menunjukkan identitas asli LVRI dan menyerahkan fotokopi identitas LVRI yang masih berlaku
  5. Pelayanan dibuka mulai 7-29 November 2021, pukul 08.00-16.00, selama persediaan voucher masih ada
  6. Petugas customer service dan atau unit angkutan penumpang daerah melakukan verifikasi identitas. Bila sudah sesuai dan berhak mendapatkan promo, voucher segera diisi dengan data penumpang yang bersangkutan
  7. Voucher tidak dapat dipindahtangankan
  8. Voucher gratis kereta hanya dapat diambil dan langsung dicetak di stasiun yang ditunjuk.

Baca juga: Tanya Jawab Syarat Naik Kereta Api untuk Anak Usia di Bawah 12 Tahun

Voucher gratis ini hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya, pengambilan voucher di Stasiun Gambir, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Gambir dan Pasar Senen.

Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucher atau satu kali perjalanan.

Ada total 11.000 voucher untuk kereta kelas eksekutif dan ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8-30 November 2021 dengan menukarkan voucher tersebut.

Jumlah voucher yang disediakan di setiap KA per tanggal terbatas. Tiket KA yang sudah dicetak tidak dapat diubah jadwalnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.