Kompas.com - 02/11/2021, 11:30 WIB
Trimah (69) saat ditemui di Griya Lansia Husnul Khatimah, Wajak, Kabupaten Malang, Senin (1/11/2021) KOMPAS.COM/ANDI HARTIKTrimah (69) saat ditemui di Griya Lansia Husnul Khatimah, Wajak, Kabupaten Malang, Senin (1/11/2021)

KOMPAS.com - Kisah Trimah (69) seorang ibu asal Magelang, Jawa Tengah yang dititipkan di panti jompo oleh ketiga anaknya viral dan menjadi perhatian masyarakat.

Cerita bermula ketika foto surat pernyataan anak yang menitipkan orangtuanya ke Griya Lansia Husnul Khatimah di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, viral di media sosial.

Dalam surat pernyataan itu, disebutkan bahwa ketiga anak Trimah menitipkan perawatan sang ibu kepada pihak panti jompo karena mereka memiliki kesibukan masing-masing.

"Kami bersepakat menyerahkan perawatan orang tua kami kepada Griya Lansia Husnul Khatimah Malang dikarenakan kesibukan kami masing-masing," demikian bunyi surat itu.

Ketiga anak Trimah juga menyerahkan prosesi pemakamaman sang ibu kepada pihak panti jompo, bila kelak Trimah meninggal dunia.

"Apabila orang tua kami meninggal dunia maka kami menyerahkan proses pemakaman orang tua kami kepada Griya Lansia Husnul Khatimah," demikian bunyi surat itu.

Baca juga: Viral, Foto Surat Pernyataan Anak Titipkan Orangtua di Panti Jompo, Ini Penjelasan Pengelola

Tidak tahu akan dititipkan di panti jompo

Trimah diantarkan oleh anak-anaknya ke panti khusus lansia, Griya Lansia Husnul Khatimah di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang pada 27 Oktober 2021.

Saat hendak dititipkan, Trimah mengaku tidak diberi tahu terlebih dahulu. Saat itu, ketiga anaknya yang mengantar hanya mengatakan ingin mengajaknya jalan-jalan.

"Pokoknya pergi yuk, tadinya bilang (perginya) dekat," kata Trimah, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Saat tiba di Griya Lansia, Trimah hanya mengikuti kehendak anaknya meski mengaku kecewa.

"Mereka bilang, 'Ma hati-hati, yang sabar ya, Mama sabar di sini'. Saya bilang iya saja," ujar dia.

Di Griya Lansia Husnul Khatimah, Trimah menempati kamar lansia nomor 10.

Saat masuk ke panti tersebut, Trimah dalam kondisi tidak bisa berjalan akibat gangguan kesehatan di bagian persendiannya. Ia harus menggunakan kursi roda untuk beraktivitas.

Baca juga: Pesan Anak Trimah Saat Menitipkan Ibunya ke Panti Jompo: Ma, hati-hati, yang Sabar Ya di Sini

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.